MANFAAT MENGKONSUMSI UBI JALAR UNGU BAGI TUBUH 

Ubi jalar ungu merupakan buah dari tanaman yang menjalar  dengan daun yang berbentuk seperti hati. Ubi ungu juga termasuk jenis umbi-umbian yang popular di Indonesia. Ubi jalar ungu termasuk kedalam tumbuhan umbi akar karena buahnya terdapat di dalam tanah. Ubi jalar ungu memiliki ciri bentuk yang tidak beraturan. Bagian kulit dari ubi jalar ungu ini berwarna ungu, dan bagian dagingnya juga berwarna ungu. Hal inilah yang menyebabkan mengapa ubi opini dijuluki sebagai ubi jalar ungu. Ubi jalar ungu awalnya dipercaya berasal dari negara amerika tengah yang menyebar ke berbagai negara di dunia termasuk di Indonesia. Saat ini ubi jalar ikungfu sudah banyak dibudidayakan di Indonesia.

Manfaat Mengkonsumsi Ubi Jalar Ungu Bagi Kesehatan Tubuh

Ubi jalar ungu banyak di cari-cari orang karena rasanya yang sedap. Ubi jalar ungu memiliki rasa yang manis, maka dari itu banyak yang mengkonsumsi  makanan satu ini setelah di rebus saja. Selain itu ubi jalar ungu juga banyak dimanfaatkan untuk membuat berbagai olahan masakan, seperti biji salak, kue, keripik, timus, dan banyak yang lainya. selain dapat digunakan sebagai bahan dasar pembuatan makanan dan cemilan, ternyata ubi jalar ungu juga mempunyai khasiat yang tinggi untuk kesehatan tubuh. Lalu apa saja manfaat mengkonsumsi ubi jalar ungu untuk kesehatan tubuh? Mari simak informasi di bawah ini.

  • Dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh

Ubi jalar ungu dapat digunakan untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh jika dikonsumsi rutin setiap hari . bahkan ubi jalar ungu  dapat digunakan untuk menangkal radikal bebas. yang dapat membantu memecahkan senyawa yang mengandung racun. Ubi ini juga memiliki kandungan antosianin dan juga polifenol yang dapat merangsang pengeluaran racun dari dalam tubuh.

  • Dapat menstabilkan gula darah dalam tubuh

Kemudian ubi jalar ungu juga mempunyai peran penting untuk membantu menstabilkan gula darah yang anda dalam tubuh seseorang. Karena di dalam ubi ini terdapat kandungan flavonoid yang membantu melindungi sel penghasil insulin dan menurunkan kadar gula darah. Untuk itu para penderita diabetes sangat dianjurkan untuk dapat memakan umbi jalar ungu ini.

  • Dapat membantu ,menurunkan berat badan

Ubi jalar ungu juga dapat membantu menurunkan berat badan seseorang. Karena ubi jalar bisa digunakan sebagai makanan pokok pengganti nasi yang karbohidratnya lebih kecil. Ubi jalar ungu juga mengandung serat yang cukup banyak yang bisa digunakan untuk mengganjal rasa lapar yang cukup efektif dan tahan lama. Bahkan ubi jalar ungu juga memiliki kandungan yang mendorong metabolisme pencernaan berjalan lancar yang akhirnya dapat memicu turunnya berat badan seseorang. Maka dari itu bagi anda yang sedang menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan anda bisa mengkonsumsi makanan ini secara rutin.

  • Membantu mengatasi masalah peradangan

Selanjutnya ubi jalar ungu juga bisa digunakan untuk membantu mengatasi masalah peradangan yang terjadi di dalam tubuh seseorang. Mengapa bisa begitu? Hal itu dikarenakan ubi jalar ungu kaya akan kandungan anti inflamasi yang dapat mencegah atau mengurangi peradangan . untuk itu bagi anda yang sedang mengalami peradangan di bagian tenggorokan, sendi ataupun yang lainya, anda sangat disarankan untuk mengkonsumsi ubi yang satu ini.

By berkah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *