Air sangatlah penting untuk kehidupan manusia. Manusia tidak dapat hidup tanpa air. Jika tidak air, tidak akan ada kehidupan di bumi. Karena semua makhluk hidup seperti manusia, hewan dan tumbuh-tumbuhan juga membutuhkan air. Air tidak hanya digunakan untuk minum tetapi juga untuk mandi dan lain sebagainya. Pernahkah kamu membayangkan jika dunia ini tidak ada air. Tanaman akan mati, hewan laut akan punah bahkan manusia juga akan punah. Sangat menyeramkan bukan bahkan tidak akan ada lagi kehidupan. Nah, dengan adanya air, dapat memberikan kehidupan yang sangat bermanfaat seperti adanya laut, danau, sungai, hewan laut, pohon-pohon yang rindang dan pemandangan indah lainnya. Jika tidak ada air, tanah akan menjadi gersang, hutan-hutan gundul tidak berdaun, terjadi pelapukan dan juga bumi menjadi sangat panas. 

Beberapa Manfaat Air Bagi Kehidupan

Air menjadi salah satu kebutuhan utama makhluk hidup. Nah, sebagian besar yang terdapat di dalam tubuh manusia yang terdiri dari 73 % adalah air. maka dari itu, kita harus banyak mengonsumsi air. Jika kemungkinan terjadi kekeringan, maka akan ada hujan. Nah, hujan tersebut berisi air dan juga memberikan kehidupan lagi setelahnya. Maka dari kita juga harus menghemat air dan juga tidak mencemari lingkungan agar air tetap bersih dan terawat. Juga tidak mengganggu ekosistem air seperti ikan dan lain sebagainya. Inilah beberapa manfaat air bagi kehidupan:

  • Sebagai cairan tubuh 

Tentunya manusia membutuhkan air. Nah air yang ada di dalam tubuh kita berfungsi untuk melancarkan kerja-kerja organ pada tubuh dan dapat menjadi energi bagi tubuh sehingga otak juga akan bekerja dengan baik. Misalnya kita tidak mengonsumsi air dalam sehari. Kita akan merasa lemas dan terjadi dehidrasi. Bukan hanya itu, juga dapat menimbulkan penyakit. Nah, maka dari itu, konsumsi lah air putih 2 sampai 3 liter sehari agar dapat menyeimbangkan kerja organ-organ bagi tubuh. 

  • Untuk pertanian dan peternakan

Bagi seorang tani, air sangat bermanfaat. Air dapat menumbuhkan tanaman padi yang mengaliri sawah dan lahan pertanian. Selain itu, bermanfaat juga di peternakan karena air digunakan untuk diminum oleh hewan peternakan. 

  • Sebagai pembangkit listrik

Air juga dapat menghasilkan listrik. Jadi ketika sedang mati listrik kita juga bisa menggunakan air terjun untuk membangkitkan listrik tanpa adanya sambungan listrik lainnya. Ini tentunya sangat bermanfaat bagi orang-orang pedalaman yang tidak ada listrik di desanya. Maka dari itu perlu teknik khusus untuk membangkitkannya. 

  • Kehidupan di dalam laut

Pernahkah kamu berpikir tidak ada laut?. Jika tidak ada air juga tidak akan ada juga yang namanya ikan-ikan. Seperti paus, hiu, ikan hias dan juga ikan lainnya. Kehidupan di laut sangatlah indah dengan air di dalamnya seperti banyak karang yang indah, kita bisa diving, menggunakan kapal dan juga bermain wahana air. 

Nah itulah sedikit manfaat air di kehidupan manusia. Manusia sangatlah bergantung kepada air. tidak adanya air maka tidak akan ada kehidupan. Gunakan lah air dengan sebaik-baiknya agar berguna bagi kehidupan semua makhluk. Air juga memberikan fasilitas untuk berbagai kegiatan seperti pariwisata, pelayaran, memancing, berenang dan hal-hal menyenangkan lainnya. Maka dari itu, sebagai manusia kita juga harus tetap melestarikan dan menjaga kehidupan makhluk lainnya agar tetap menjaga keseimbangan ekosistem dan kehidupan semua makhluk di bumi yang indah ini. 

By berkah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *