Kulit wajah merupakan bagian terpenting di tubuh kita. Memiliki kulit wajah bersih dan sehat tentunya menjadi dambaan setiap orang. Setiap orang pun memiliki jenis kulit yang berbeda-beda. Akan hal itu orang-orang mulai merawat wajah mereka setelah mengetahui jenis kulitnya. Sebab jenis kulit berpengaruh terhadap jenis produk yang akan digunakan. Seiring bertambahnya usia jenis kulit pun juga akan berubah dari waktu ke waktu. Selain itu juga dapat dipengaruhi oleh faktor lain seperti faktor genetika, penyakit, obat-obatan, debu, polusi dan lain-lain. Sehingga kita harus berhati-hati dalam memilih suatu produk perawatan. Mengenali jenis kulit wajah sangatlah penting, jika kita memakai produk yang tidak tepat kan berdampak pada masalah kulit.

5 Jenis Kulit Wajah

Ketika memilih sebuah produk perawatan bukankah terlebih dahulu mengetahui jenis kulitnya. Sebab kesalahan dalam pemilihan produk perawatan akan mengakibatkan masalah kulit seperti timbulnya jerawat, noda hitam atau bekas jerawat atau iritasi kulit. Kulit memiliki tiga lapisan utama yaitu:

  • Epidermis, adalah bagian struktur kulit terluar. Berfungsi sebagai untuk membantu kulit mengatur suhu tubuh.
  • Dermis, lapisan di bawah epidermis atau lapisan tengah. Yang terdiri dari jaringan ikat dan bantal tubuh dari stress dan ketegangan.
  • Hipodermis, yaitu bagian terdalam dari kulit. Yang berfungsi untuk menempelkan kulit ke tulang dan otot. Terdiri dari jaringan ikat dan sel lemak.

Itulah 3 struktur lapisan utama kulit wajah. Jenis kulit wajah memiliki beberapa faktor yaitu kandungan air yang mempengaruhi elastisitas kulit, kandungan minyak yang mempengaruhi kelembutan dan nutrisi kulit. Inilah 5 jenis kulit wajah yang bisa anda ketahui:

  1. Kulit normal

Orang yang memiliki kulit normal sangatlah beruntung. Sebab kulit ini jarang terkena masalah kulit. Ciri-ciri kulit normal adalah tidak berjerawat, bersih, kencang, tidak kusam, anti alergi, lembut, halus dan mempunyai pori-pori yang kecil. Ini membuat orang yang mempunyai kulit normal cenderung mudah untuk merawatnya dan cocok dengan produk perawatan mana pun. Dikarenakan kelenjar minyak dan air seimbang.

  1. kulit berminyak

kulit berminyak disebabkan oleh produksi minyak atau sebum yang berlebih. Yang dihasilkan oleh kelenjar sebaceous. Ciri-ciri kulit berminyak adalah wajah berminyak, cenderung berjerawat, kusam, anti alergi, dan noda hitam. Pengaruhnya adalah faktor genetika, perubahan hormon, atau stress. Untuk merawatnya pun harus sesuai dengan jenis kulit wajah. Cara merawatnya pun harus rajin-rajin mencuci muka dan menggunakan sabun cuci yang lembut yang mengandung gliserin.

  1. Kulit kering

Kulit kering disebabkan karena kurangnya kelembapan di lapisan kulit terluar. Jenis kulit kering bisa disebabkan karena faktor genetika, penuaan, perubahan hormon, paparan sinar matahari, dan lain-lain. Ciri-cirinya adalah kulit terasa bersisik dan kusam, pori-pori hampir tidak terlihat. Untuk merawatnya gunakan pembersih wajah dengan bahan uang mampu melembapkan kulit wajah dan hindari produk yang menggunakan alkohol.

  1. Kulit sensitif

Jenis kulit ini sangatlah peka dan mudah sekali mengalami alergi atau iritasi. Kulit sensitif berciri-ciri kulit terasa gatal, kering, kemerahan dan mudah alergi atau iritasi. Faktor yang mempengaruhi seperti lingkungan, makanan, atau penggunaan produk kosmetik.

  1. Kulit kombinasi

Kulit kombinasi adalah perpaduan antara kulit berminyak dan kulit kering. Dimana daerah T zone yaitu dagu, hidung dan dahi memiliki kulit yang berminyak. Sedangkan area pipi memiliki kulit yang kering.

By berkah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *