CARA MENGOBATI SAKIT GIGI

Gigi tumbuh saat kita masih bayi. Gigi memiliki tiga jenis yaitu gigi seri, taring dan juga geraham. Nah, masing-masing memiliki fungsi tersendiri dan juga berbeda-beda. Gigi seri adalah gigi yang memiliki jumlah delapan dan letaknya di depan mulut. Yang memiliki fungsi untuk menggigit makanan. Selanjutnya gigi taring, yaitu gigi yang berjumlah empat yang paling panjang dan tajam dan berfungsi untuk merobek makanan seperti daging dan seterusnya. Nah, yang terakhir adalah gigi geraham, gigi ini berjumlah delapan dan berfungsi untuk menggiling makanan. Nah, jika pada gigi anak-anak disebut juga dengan gigi susu. Gigi susu adalah yang belum permanen, maksudnya gigi tersebut bisa copot dan juga akan tumbuh kembali dengan gigi permanen. Gigi yang sudah permanen masih bisa copot namun tidak bisa tumbuh kembali. 

Cara Mengurangi Rasa Sakit Pada Gigi

Sakit gigi memanglah merepotkan seseorang. Selain itu, sakit gigi biasanya disertai dengan sakit kepala. Ini tentu sangat mengganggu aktivitas kita. Ketika kita sakit gigi pastinya yang ingin dilakukan hanyalah beristirahat. Sakit gigi bisa disebabkan karena gigi berlubang. Gigi berlubang ini bisa disembuhkan dengan cara menambal gigi ke dokter. Cara ini sangat efektif untuk menyembuhkan sakit gigi yang berlangsung sangat lama. Rasa sakit pada gigi biasanya berupa nyeri dan nyut-nyutan pada gigi. Nah, jika kamu ingin memakan obat sakit gigi jangan dibarengi dengan obat sakit kepala karena dapat menyebabkan kematian. Jika masih sakit gigi, inilah cara mengobatinya:

  • Kumur air garam

Dengan berkumur menggunakan air garam dapat mengurangi rasa nyeri pada gigi kamu. Karena air garam dapat membunuh bakteri yang sering bersarang di sela-sela gigi. Tidak hanya itu air garam bersifat desinfektan yang dapat membersihkan gigi. Kamu hanya melakukannya secara rutin agar dapat bekerja dengan maksimal. 

  • Kompres es

Mengompres dengan es memiliki banyak sekali manfaat salah satunya adalah mengurangi sakit gigi. Biasanya ketika kita mengalami sakit gigi, pipi akan membengkak ke luar dan tidak nyaman. Nah, kamu hanya perlu menyiapkan handuk yang telah diisi dengan bongkahan-bongkahan es. Setelah itu kompres pada pipi yang bengkak tersebut. hal ini dapat meringankan nyeri pada gigi. 

  • Lidah buaya

Lidah buaya memang dikenal memiliki banyak sekali manfaat yang dikandungnya. Gel lidah buaya dipercaya sebagai anti bakteri yang dapat menyembuhkan sakit gigi. Caranya hanya dengan mengaplikasikan gel lidah buaya pada gigi yang sakit. Ini akan menyebabkan rasa sakit menjadi berkurang. Kamu perlu melakukannya secara rutin sampai gigi kamu sembuh. 

  • Jahe

Siapa yang tidak kenal dengan jahe? Tanaman rimpang ini memiliki segudang manfaat untuk tubuh. Jahe sendiri mempunyai kandungan antibiotik yang alami. Yang dinilai ampuh meredakan rasa sakit pada gigi. Caranya mudah, kamu hanya perlu menyiapkan jahe yang telah di geprek. Setelah itu kamu bisa tempelkan jahe tersebut ke bagian gigi yang sakit. 

Nah, cara-cara diatas mungkin dapat membantu kamu dalam meredakan rasa sakit pada gigi. Jika tidak ingin sakit gigi sebaiknya kamu perlu memeriksakan gigi kamu secara berkala. Tidak hanya itu kamu juga harus menggosok gigi minimal dua kali satu hari setelah makan. Ini akan menjadikan gigi kamu sehat dan terawat. Nah, jika sakit kamu masih merasakan sakit gigi yang berlangsung lama. Sebaiknya kamu periksakan ke dokter gigi segera. Agar ditangani dengan cepat dan tidak menimbulkan berbagai macam masalah. 

By berkah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *