Tujuh gadis dan Si Bungsu

Cerita rakyat Tujuh gadis dan si bungsu merupakan cerita rakyat yang terkenal di Lampung. Biasanya di ceritakan untuk anak – anak, memiliki pengajaran moral cerita yang bagus untuk anak – anak dan untuk anak dewasa. Cerita ini memiliki beberapa versi atau judul cerita seperti Tujuh gadis yang di buang dari Lampung atau Si Bungsu yang malang. Kita ikuti cerita menarik ini.

Legenda Tujuh Gadis dan Si Bungsu

 

Cerita Rakyat Si Bungsu

Dahulu di sebuah hutan ada tujuh orang gadis yang di buang oleh orang tuanya. Orang tuanya sudah tidak sanggup lagi menghidupi mereka. Hingga suatu hari mereka berusaha keluar dari hutan yang besar itu, mereka terus berjalan tanpa arah dan tujuan. Hingga akhirnya mereka keluar dari hutan itu dan tiba di sebuah desa.

Desa itu sangat sunyi, dan terlihat ada sungai yang luas serta ladang yang besar. Karena sudah berhari – hari berjalan di dalam hutan, maka bergegaslah mereka menuju sungai itu dan membersihkan tubuh mereka.

Ketika mereka sedang asyik membersihkan tubuh. Salah seorang saudaranya melihat ada sepasang raksasa sedang mandi, raksasa itu sangat besar dan memiliki wajah yang mengerikan. Karena ketakutan melihat rakasasa itu mereka bersembunyi.

” Kalau kita ketahuan Sang Raksasa itu pasti kita akan di makannya. Bagaimana kalau kita perangkap raksasa itu ? ” Usul Si Bungsu

” Bagaimana caranya ? ” Tanya Kakaknya.

” Kita campur sungai ini dengan kolang kaling! Mereka pasti akan merasa gatal – gatal. Pasti mereka akan keluar dari sungai ini dan kembali ke gubuknya. Ikatan yang ada di gubuknya kita kendurkan. Lalu kita buat perapian di bawah gubuk. Kalau mereka masuk, gubuk itu akan ambruk dan mereka akan mati terbakar. ” Jawab Si Bungsu.

Keenam kakaknya mengangguk Setuju. Tanpa membuang waktu, mereka menjalankan usul si Bungsu. Semuanya berjalan dengan sempurna, kedua raksasa itu mati terpanggang.

Gadis-gadis itu akhirnya tinggal di desa itu untuk bertahan hidup. Mereka membagi ladang peninggalan raksasa menjadi tujuh bagian dan mendirikan tujuh gubuk untuk tempat tinggal. Setiap ladang ditanami berbagai jenis tanaman.

Si Bungsu dan burung kenui

 

Ketujuh ladang itu sangat subur. Hasil panennya melimpah. Kebun bunganya juga menyebarkan bau yang harum. Sehingga banyak burung – burung berdatangan ke sana. Di antara burung – burung itu ada seekor burung kenui membuat sarang disana. Dari ketujuh gadis itu, hanya si Bungsu yang mengizinkan burung kenui itu membuat sarang dan bertelur di sana. Tetapi anehnya setelah bertelur burung kenui itu meninggalkan telurnya di sana dan tidak kembali lagi.

Suatu hari, saat si Bungsu pulang dari ladang, ia terkejut ketika melihat seorang pemuda tampan berada di dapurnya dan sedang memasak di dapurnya. Bau masakan itu harum.

“Siapa kau? Sedang apa kau di sini?” Si Bungsu dengan sepontan ketika melihat pemuda itu.

Cerita Rakyat Si Bungsu dari lampung

Mereka pun berkenalan dan pemuda itu bercerita dari mana asalnya. Ia berasal dari telur bunung kenui yang ditinggalkan induknya. Pada awalnya Si Bungsu tidak percaya mendengar cerita pemuda itu, ia mengijinkannya tinggal di gubuknya. Setelah beberapa hari tidak ada hal yang aneh dengan pemuda itu lama – lama Si Bungsu menjadi percaya dan menjadi akrab. Lalu, Mereka menikah dan hidup bahagia.

Kebahagiaan si bungsu membuat keenam kakaknya menjadi iri. Perasaan Iri hati itu membuat mereka merencanaan hal jahat kepada adiknya. Mereka berencana menyingkirkan adiknya dan berharap pemuda itu menikahi salah satu dari mereka.

Keesokan harinya, ketika si Bungsu pergi mencuci ke sungai. Tiba-tiba keenam kakaknya datang dan mendorong si Bungsu ke sungai. Arus sungai yang deras membawa tubuh Si bungsu hilang dari pandangan. Keenam kakaknya pergi, mereka berfikir Si Bungsu pasti sudah meninggal. Tetapi ada  seekor ikan raksasa yang datang dan memakan Si Bungsu. Ikan itu lalu istirahat di pinggir sungai dan tidur di permukaan air.

Tiba – tiba ada seorang nenek datang dan melihat ikan itu. Melihat ikan yang besar itu, ia berencana memotong dan memakannya untuk makan malam. Sewaktu akan memotong ikan itu tiba-tiba, ia mendengar burung bernyanyi, “Bolidang bolidangi pabeli iwa balak”. tergeraklah hati sang nenek, untuk memotong tubuh ikan itu menggunakan daun belidang.

Ketika memotong ikan itu, betapa terkejutnya nenek itu ketika melihat si Bungsu keluar dari perut ikan. Sang nenek menolong Si Bungsu dan menceritakan kejadian yang dia alami, lalu Sang nenek mengijinkannya tinggal di rumahnya.

Si Bungsu bertemu suaminya

 

Sementara itu, di tempat lain, suami si Bungsu bingung mencari istrinya. Berulang kali ia bertanya pada keenam kakak iparnya, tapi tak seorang pun yang tahu keberadaannya. Akhirnya, ia memutuskan untuk mencari istrinya seorang diri. Ia mulai dengan menyusuri sungai karena menurutnya mungkin saja si Bungsu terseret arus saat mencuci.

Perjalanan pria itu berhenti di sebuah desa di ujung sungai. Ia sangat kelelahan dan mencari tempat untuk beristirahat. Ia mengetuk pintu sebuah gubuk yang ternyata adalah gubuk si Nenek.

“Permisi, bolehkah saya beristirahat di sini?” teriak pria tersebut.

Si Bungsu yang saat itu sedang menjahit, terkejut mendengar suara suaminya. Ia segera berlari menuju pintu diikuti si Nenek. “Suamiku!” teriaknya begitu melihat suaminya di depan pintu. Mereka Iangsung berpelukan.

“Terima kasih, Nek! Nenek telah merawat istriku dengan baik,” ucap suami si Bungsu.

Orang tua itu mengangguk. Ia mengusap air matanya ketika mereka berpamitan. Si Bungsu dan suaminya berpamitan kepada si Nenek. Sesampainya mereka di gubuk, keenam kakaknya datang meminta maaf kepada si Bungsu. Si Bungsu memaafkan mereka, karena sejak awal ia tidak pernah merasa dendam, meskipun keenam kakaknya telah mencelakainya. Sejak itu, si Bungsu hidup berbahagia bersama suaminya dan hidup rukun bersama keenam kakaknya.

* * *

Pesan Moral Cerita Rakyat Si Bungsu dari daerah Lampung, Indonesia. Cerita yang berbentuk dongeng di atas memberi pelajaran kepada kita bahwa orang yang suka menolong, akan senantiasa mendapat pertolongan dari Tuhan.

 

Kami adalah sebuah website yang menggumpulkan berbagai macam cerita dari dalam dan luar negeri.. ada cerita motivasi, cerita lucu, cerita rakyat. Dukung kami dengan cara membagikan cerita - cerita yang sudah kami post kepada teman - teman Anda. pada website cerita-rakyat.com juga terdapat kumulan cerita humor dan kumpulan cerita motivasi, teka - teki dan quiz kalian dapat mengikuti dan membaca nya .... Selamat membaca

Post Comment