Si Kancil dan Si Siput

si kancil dan si siput

Si Kancil dan Si Siput

Pada suatu pagi yang cerah, Si kancil bangun dari tidurnya. Mata nya yang bulat dan besar terbuka lebar.

“Aaaaa….rrgh, hari ini cerah sekali”, Si kancil beberapa kali menguap.

Melihat hari yang sangat cerah, Si kancil berjalan – jalan menyusuri hutan, untuk mencari udara segar. Melewati sungai dan lembah Si kancil berlarian sambil mengusir rasa ngantuknya. Sampai di atas sebuah bukit, si Kancil berteriak

“Wahai penduduk hutan, akulah hewan yang paling cerdas, cerdik dan pintar di hutan ini. Tidak ada yang bisa menandingi kecerdasan dan kepintaranku”. Dengan rasa sombong dia berkata seperti itu.

Sambil membusungkan dadanya, si Kancil pun mulai berjalan menuruni bukit. Ketika sampai di sungai, ia bertemu dengan seekor siput.

“Hai kancil !. Kenapa kamu teriak-teriak? Apakah kamu sedang bergembira?”, tanya si siput.

“Tidak, aku hanya ingin memberitahukan pada semua penghuni hutan kalau aku ini hewan yang paling cerdas, cerdik dan pintar”, jawab si kancil dengan sombongnya.

“Hei, Sombong sekali kamu Kancil, tidakah kau tahu bahwa akulah hewan yang paling cerdik di hutan ini”, kata si Siput.

“Hahahaha……. mana mungkin??” ledek Kancil. “

Si Siput menantang Si kancil

“ Baiklah, jika kamu tidak percaya, bagaimana kita adakan sebuah lomba lari untuk membuktikan siapa hewan yang paling cerdik dan pintar?” tantang si Siput.

“Baiklah, aku terima tantanganmu”, jawab si Kancil.

Akhirnya mereka berdua setuju untuk mengadakan perlombaan lari besok pagi.

Setelah si Kancil pergi, si siput segera mengumpulkan teman-temannya. Ia meminta tolong agar teman-temannya bersembunyi di jalur perlombaan, dan jika si Kancil memanggil jawablah aku ada di depanmu.

Akhirnya hari yang dinanti sudah tiba, kancil dan siput pun sudah siap untuk lomba lari.

“Apakah kau sudah siap untuk berlomba lari denganku ?? Bagaimana jika kamu mengakui kekalahan mu saja… Hahahahaha ??”, tanya si kancil.

“Tenang saja aku pasti menang”, jawab si siput.

pertandingan lari Si kancil dan Si siput di mulai

Pertandingan lari di mulai, Si siput mempersilahkan kancil untuk berlari dahulu dan memanggilnya untuk memastikan sudah sampai mana si siput.

Kancil berjalan dengan santai, dan merasa yakin kalau dia akan menang. Setelah beberapa langkah, si kancil mencoba untuk memanggil si siput.

“Siput….sudah sampai mana kamu?”, teriak si kancil.

“Aku ada di depanmu!”, teriak si siput.

Si Kancil terheran-heran, dan sedikit demi sedikit mempercepat langkahnya. Kemudian ia memanggil si siput lagi, dan si siput menjawab dengan kata yang sama, suaranya memang terdengar dari depan Si kancil.

Si kancil yang tidak mau kalah, akhirnya berlari. Sambil berlari ia memanggil Si siput tetapi hal yang suara sama selalu muncul dan berkata kalau dia ada depan kancil. Dengan sekuat tenaga Si kancil berlari keringatnya bercucuran, nafasnya tersengal-sengal dan kakinya terasa lemas. Hingga akhirnya dia melihat garis finish. Wajah kancil sangat gembira sekali, karena waktu dia memanggil siput, sudah tidak ada jawaban lagi. Kancil merasa bahwa dialah pemenang dari perlombaan lari itu.

Betapa terkejutnya si kancil, karena dia melihat si siput sudah duduk di batu dekat garis finish.

“Hai kancil, kenapa kamu lama sekali? Ayo, cepat, aku sudah sampai dari tadi!”, teriak si siput.

Dengan menundukkan kepala, si kancil menghampiri si siput dan mengakui kekalahannya

“Makanya jangan sombong, kamu memang cerdik dan pandai, tetapi kamu bukanlah yang terpandai dan cerdik”, kata si siput.

“Iya, maafkan aku siput, aku tidak akan sombong lagi”, kata si kancil.

hikmah yang dapat kita petik adalah.. Jangan bersikap sombong dan mudah emosi, karena itu akan membuat mu tidak berfikir jernih. Dan dari kisah ini kita juga dapat melihat bahwa, kekuatan itu bisa kalah oleh akal.


Nasehat untuk anak – anak dalam bentuk cerita, Si Kancil dan Si Siput, kelinci yang nakal


Kami adalah sebuah website yang menggumpulkan berbagai macam cerita dari dalam dan luar negeri.. ada cerita motivasi, cerita lucu, cerita rakyat. Dukung kami dengan cara membagikan cerita - cerita yang sudah kami post kepada teman - teman Anda. pada website cerita-rakyat.com juga terdapat kumulan cerita humor dan kumpulan cerita motivasi, teka - teki dan quiz kalian dapat mengikuti dan membaca nya .... Selamat membaca

Post Comment