Sang Penyihir Calon Arang

Calon Arang – Cerita Rakyat Jawa Timur

Zaman dahulu kala ada sebuah daerah di Jawa Timur, terdapat sebuah kerajaan bernama Kahuripan. Kerajaan tersebut dipimpin oleh seorang Raja. Dahulu nya kerajaan itu sangat sejahtera dan rakyatnya hidup dengan bahagia, tetapi suatu hari ketika ada seorang penyihir bernama serat asih atau oleh masyarakat sana dikenal dengan nama Calon Arang. Tiba – tiba setelah Calon Arang Tinggal Kehuripan muncullah sebuah penyakit aneh yang menyebar di kalangan masyarakat. Setelah di lakukan penyelidikan memang benar penyakit tersebut diakibatkan oleh Sihir Calon Arang

Penyihir Calon ArangSri Baginda Erlangga adalah raja yang memimpin kerajaan di Kahuripan, memerintahkan Patih Narottama untuk menangkap Calon Arang. Patih Narottama mengumpulkan pasukan yang dipimpin oleh tiga orang komandan, yaitu Wangsa Jaya, Pungga Mukti, dan Pungga Sasra untuk berangkat ke tempat kediaman Calon Arang dan memusnahkan sihir Jahat yang mengganggu masyarakat.

Setelah itu, Patih Narottama memimpin pasukan tersebut menuju Desa Girah. Desa yang di duga sebagai kediaman Calon Arang. Sesampainya di desa itu, mereka pun segera merusak sebuah rumah tua yang diduga sebagai tempat tinggal Calon Arang. Calon Arang yang berada di dalam rumah itu segera keluar dengan sangat marah. Ia tidak terima dengan perlakuan pasukan kerajaan itu. Ia pun memerintahkan keempat orang muridnya, yaitu Supala, Guritna, Datyeng, dan Pitrah untuk mengusir mereka dari desa itu.

Keempat murid Calong Arang tersebut segera menyerang pasukan kerajaan. Pertarungan sengit pun tak terelakkan lagi. Patih Narottama juga bertarung dengan Calon Arang.  Patih Narottama menggunakan segala kemampuannya, pada saat Calon Arang lengah. Sang Patih berhasil menebaskan pedangnya ke leher Calon Arang sehingga terputus. Tetapi betapa terkejutnya karena kepala Calon Arang yang jatuh ke tanah menyatu kembali. Patih tidak tahu kekuatan apa yang di gunakan Calon Arang, para pasukannya juga terdesak, tanpa berfikir panjang ia menyuruh pasukannya mundur dan kembali ke istana Kahuripan sambil menyusuh rencana lagi.

Patih Narottama yang mengalami kekalahan, mencari informasi tentang Calon Arang. Ia mendengar Calon Arang mempunyai adik sepupu bernama Empu Bharada, ia tinggal di istana Kahuripan. Maka Patih Narottama menemui dia, untuk mendapatkan informasi. Setelah mendapatkan Informasi Patih menyampaikan kepada Sang Raja.

Maka Raja memanggil Empu Bharada, dan menceritakan semua hal yang terjadi. mendengar cerita Sang Raja, Empu Bharada menyanggupinya dan berjanji akan membrantas Calon Arang, lalu ia pulang.

Setibanya di rumah, Empu Bharada memanggil muridnya yang bernama Bahula untuk mengatur siasat.

“Apa yang harus kita lakukan, Empu? Bukankah Calon Arang memiliki kesaktian yang tinggi?” tanya Bahula.

“Benar katamu, Bahula! Tapi, aku tahu kelemahannya. Rahasia kesaktian Calon Arang terdapat di dalam sebuah kitab pusaka. Aku yakin, kitab itu pasti disembunyikan di dalam rumahnya. Untuk itu, aku tugaskan kamu untuk mengambil kitab itu,” jawab Empu Bharada.

Calon arang memiliki seorang anak gadis bernama Ratna, Empu Bharada memerintahkan Bahula untuk berpura – pura melamar Ratna dan menikahinya sambil mencari Kitab itu.

Setelah itu, berangkatlah Bahula ke Desa Girah ia berkenalan dengan Ratna Manggali. Karena Bahula adalah pemuda yang tampan Ratna suka padanya. Tidak lama setelah itu mereka menikah. Pesta pernikahan mereka di langsungkan secara sederhana. Ratna dan Bahula tinggal di rumah calon Arang. Semuanya berjalan sesuai rencana.

Pada saat pesta pernikahan itu, mereka bersenang – senang. Hingga larut malam, ketika seluruh isi rumah sedang tertidur pulas, Bahula yang pura – pura tertidur, ia bangkit berdiri dan dengan hati – hati masuk kedalam kamar Calon Arang. Di dalam kamar itu, ia melihat sebuah peti berwarna coklat yang disimpan di dalam lemari. Di lihatnya sebuah kitab yang kuno.

“Hmmm… aku yakin kitab pusaka Calon Arang pasti disimpan di dalam peti itu,” kata Bahula dalam hati.

Dengan langkah perlahan-lahan, Bahula mengambil peti itu dan segera membawanya keluar dari kamar Calon Arang dan pergi keluar dari rumah itu.

Keesokan harinya, pagi-pagi sekali ketika Calon Arang terbangun dari tidurnya. Betapa terkejutnya ia ketika melihat kitab pusakanya sudah tidak ada lagi di dalam lemari. Ia pun sadar bahwa Bahula telah mengambil kitab itu. Dengan marah, ia segera keluar dari rumahnya hendak mengejar Bahula. Namun, Bahula telah pergi meninggalkan desa itu dan telah sampai di padepokannya menyerahkan kitab pusaka itu kepada Empu Bharada.

Empu Bharada membunuh calon arang

Suka Baca cerita cerpen :

Usai mempelajari isi kitab pusaka tersebut, Empu Bharada tahu bahwa cara mengalahkan Calon Cerita rakyat jawa timur penyihirArang dengan menggunakan Keris Weling Putih. Keris itu adalah senjata rahasia milik Empu Bharada itu sendiri.

Setelah mempersiapkan keris Weling Putihnya, Empu Bharada bersama Bahula datang menemui Calon Arang di Desa Girah. Setibanya mereka di sana, alangkah terkejutnya Calon Arang ketika melihat Bahula datang bersama Empu Bharada. Ia baru sadar, ternyata menantunya adalah murid Empu Bharada, adik sepupunya.

Berkali-kali Calon Arang meminta agar kitab pusakanya dikembalikan kepadanya, namun Empu Bharada tetap menolak untuk memberikannya. Kemarahan Calon Arang pun semakin memuncak. Tetapi ketika Empu Bharada mengacung-acungkan kerisnya, Calon Arang menjadi mundur ketakutan. Empu Bharada menyerang calon Arang, dan peperangan pun dimulai. Ketika Calon arang sudah terpojok, ia berusaha minta ampun.

“Ampun, Dimas! Ampunilah aku!” pinta Calon Arang menghiba.

“Hai, Calon Arang! Walaupun kau adalah kakak sepupuku, kau tetap musuhku. Kau telah membuat rakyat di negeri ini menderita. Lebih baik kamu mati saja!” seru Empu Bharada seraya menghujamkan keris Weling Putihnya ke tubuh Calon Arang.

Akhirnya, Calon Arang pun tewas. Sepeninggal Calon Arang, Bahula tetap menjadi suami Ratna Manggali. Sejak kematian Calon Arang, penyakit aneh yang menimpa rakyat Kahuripan serta merta hilang. Mereka pun kembali hidup damai dan sejahtera.

Kami adalah sebuah website yang menggumpulkan berbagai macam cerita dari dalam dan luar negeri.. ada cerita motivasi, cerita lucu, cerita rakyat. Dukung kami dengan cara membagikan cerita - cerita yang sudah kami post kepada teman - teman Anda. pada website cerita-rakyat.com juga terdapat kumulan cerita humor dan kumpulan cerita motivasi, teka - teki dan quiz kalian dapat mengikuti dan membaca nya .... Selamat membaca

Post Comment