Menyingkirkan sapu menjelang tahun baru lunar

Negara China memiliki banyak sekali tradisi dan budaya. Banyak sekali cerita rakyat china yang menarik cerita nya. Salah satu tradisi yang terkenal pada tahun baru lunar adalah dengan menyingkirkan sapu. Apa maksud dari menyingkirkan sapu menjelang Tahun Baru ?? Bagaimana tradisi itu bisa ada ?? Cerita ini menarik… Segera ikuti ceritanya… Menyingkirkan sapu menjelang tahun baru lunar

Menyingkirkan sapu menjelang tahun baru lunar

cerita rakyat china

Konon pada zaman dahulu ada seorang pedagang bernama Qu Ming untuk menjalankan usahanya ia berlayar dengan perahu. Suatu hari ia tiba di danau Pang Ze.

Pada waktu di sedang melakukan pelayaran di danau Pang Ze, sebuah badai besar datang dan menghantam perahunya, sehingga perahu nya koyak dan ia terdampar di sebuah pulau. Ia pun tidak dapat melakukan perjalanan lagi.

Karena ia tidak dapat melakukan perjalanan lagi, maka ia menyusuri pulau tersebut. Tanpa di sangka ia melihat sebuah rumah yang sangat megah. Lalu, ia mencoba masuk untuk meminta pertolongan orang di sana.

Rumah Hong jun

Nama pemilik rumah tersebut adalah Qing Hongjun, dia adalah pemilik rumah sekaligus pulau tersebut. Qing Hongjun membawa Qu Ming untuk melihat lihat rumah nya dan ia menjamu Qu Ming dengan ramah.

Kebiasaan pada waktu festival tahun baru lunar

Setelah beberapa hari tinggal di sana. Qu Ming berencana kembali pulang. Sebelum pulang Qing Hongjun yang baik hati pun mengajak Qu ming untuk melihat lihat gudang harta nya dan di suruhnya memilih salah satu dari barang yang ia sukai sebagai kenang – kenangan.

Qu Ming kebingungan karena sangat banyak harta disana, ia berfikir tidak boleh salah memilih karena ia akan menyesal jika tidak memilih dengan tepat.

Di tengah kebingungannya itu, tiba – tiba ia mendengar pelayan Qing Hongjun berkata : ” Ru Yuan benar – benar harta karun. “

” Apa itu Ru Yuan ?? mungkin sesuatu yang sangat berharga daripada emas dan perak. ” Kata Qu Ming dalam hati.

karena kebingungan memilih, maka Qu Ming memutuskan untuk memilih Ru Yuan. Ternyata Ru Yuan adalah seorang pelayan Qing Hongjun yang paling setia cantik dan baik hati. Maka di suruhnya lah ikut Ru Yuan ikut Qu Ming. Ru Yuan juga di berikan perhiasan yang cukup banyak sebelum ikut Qu Ming.

Baca Juga cerita rakyat Nusantara : Legenda Batu menangis & asal Mula Balikpapan

Cerita Motivasi : Dua Orang Penebang Kayu & Penjual Gorengan

maka pergilah mereka berdua ke tempat asal Qu Ming.

Setelah tiba di rumah, pada awalnya Qu Ming memperlakukan Ru Yuan dengan baik. Ru Yuan pun tidak menganggap Qu Ming sebagai orang lain. Karena percaya dengan Qu Ming ia memberikan perhiasan yang telah di berikan Qing Hongjun untuk di simpan.

Setelah perhiasan itu di simpan oleh Qu Ming, segala nya menjadi berubah. Qu Ming memperlakukan Ru Yuan dengan sangat kasar dan memperkerjakannya siang dan malam, tidak jarang juga Ru Yuan tidak diberi makan.

Qu Ming mengejar Ru Yuan
Qu Ming mengejar Ru Yuan

Suatu hari di awal Tahun Baru Lunar. pada saat itu masih pagi – pagi sekali. waktu itu Qu Ming tidak tahu kenapa sewaktu melihat Ru Yuan ia menjadi kesal. Di ambilnya sebatang kayu, lalu di pukulnya Ru Yuan.

” Bangun lebih pagi, bersihkan ruangan, jangan cuma memasak saja. ” Kata Qu Ming sambil memukul Ru Yuan.

Karena tidak tahan dengan perlakuan Qu Ming, Ru Yuan pun lari. sewaktu melarikan diri Ru Yuan melihat sebuah sapu.

” Aku akan menghilang ke dalam sapu itu ” Kata Ru Yuan.

Ru Yuan Menghilang ke dalam Sapu
Ru Yuan Menghilang ke dalam Sapu

Tradisi menyembunyikan sapu

seketika itu juga Ru Yuan menghilang, harta dan perhiasan yang dibawa nya pun ikut menghilang ke dalam sapu tersebut bersama Ru Yuan. Melihat hal tersebut Qu Ming menjadi sangat terkejut. Semua harta nya hilang. Sejak saat itu Qu Ming menjadi orang miskin

Sejak itu, setelah membersihkan rumah menjelang Tahun Baru. Orang – orang mulai menyembunyikan sapu, untuk menjaga harta mereka supaya tidak tersapu bersih atau hilang.

Kami adalah sebuah website yang menggumpulkan berbagai macam cerita dari dalam dan luar negeri.. ada cerita motivasi, cerita lucu, cerita rakyat. Dukung kami dengan cara membagikan cerita - cerita yang sudah kami post kepada teman - teman Anda. pada website cerita-rakyat.com juga terdapat kumulan cerita humor dan kumpulan cerita motivasi, teka - teki dan quiz kalian dapat mengikuti dan membaca nya .... Selamat membaca

Post Comment