Legenda putri Chang-e

Hau Yi Memanah bulan

Putri Chang e

Legenda putri Chang-e .. .. .. Dahulu semasa Kaisar Yao yang legendaris, ada sepuluh matahari yang menerangi bumi.

Tetapi pada suatu hari kesepuluh matahati itu muncul bersama – sama di alam nyata manusia. Satu matahari membawa kemakmuran . Tetapi sepuluh matahari mengakibatkan kemalangan.

Kaisar langit memerintahkah seorang jendral langit yang bernama Hou Yi untuk membantu manusia menahan panasnya matahari, dia adalah seorang Jendral yang sangat ahli memanah. Melihat kejadian aneh di bumi, dia segera terbang mendekati matahari bersama istri nya yang bernama Chang-e. Sewaktu sudah mendapatkan tempat yang sesuai, Hou Yi menarik busur nya, dia hendak memanah dan menghancurkan sembilan matahari.

Dengan cepat ia memanah, seketika itu juga sembilan matahari hancur seketika.

Melihat hal tersebut Kaisar Langit mengirimkan utusan untuk menghukum Hou Yi.

” Kaisar Langit telah memerintahkan untuk menahan panas matahari, tetapi Engkau dengan sengaja tidak mematuhi Kaisar langit dan engkau menghancurkan sembilan matahari. Karena Engkau tidak mengikuti perintah Kaisar Langit maka engkau akan diusir ke bumi sebagai manusia biasa. ” Kata utusan Kaisar Langit kepada Hou Yi.

Akhirnya Hou Yi dan Chang-e istrinya turun ke bumi, dan tinggal di bumi bersama – sama.

Dongeng Chang e putri bulan

Baca juga cerita rakyat Jawa Timur : Keong Mas

Setelah beberapa lama tinggal di bumi dengan tenang, masyarakat di sekitar sana akhirnya sadar bahwa ada pria yang bernama Hou Yi adalah dewa pemanah yang menghancurkan sembilan matahari. Pada suatu hari tiba – tiba ada seorang pemuda menghadap kepada Hou Yi dan berluntut.

” Dewa pemanah Hou Yi, mohon izinkan saya menjadi murid Anda. Saya ingin belajar memanah.” Kata pemuda itu kepada Hou Yi.

” Nama saya adalah Feng Meng. Saya ingin belajar memanah untuk melawan setan dan mensejahterakan manusia.” Lanjut kata – kata Feng Meng kepada Hou Yi.

” Baik, belajarlah dariku. Kau akan jadi pemanah yang tidak ada bandingnya di dunia ini ” Kata Hou Yi kepada Feng Meng.

Feng Meng adalah seorang murid yang berbakat. Sambil belajar Feng Meng sering mengajak Hou Yi untuk membantu masyarakat untuk mengusir binatang buas dan juga setan yang mengganggu masyarakat.

Hou Yi yang membantu masyarakat lama kelamaan menjadi terkenal, di masyarakat sekitar dan juga di negeri tetangga. Nama Hou Yi di puja – puja oleh masyarakat.

Cerita Chang e Hou Yi Di Puja puja

” Hou Yi yang memusnahkan matahari. Dia adalah pahlawan kita.” teriak masyarakat di sana.

Karena ketenaran nama nya sifat dan hati Hou Yi menjadi berubah.

” Menjadi jenderal di langit tidak dapat dibandingkan dengan menjadi seorang raja di bumi. Mari kita kuasai alam manusia ” kata Hou Yi kepada istrinya Chang-e.

Mendengar hal itu Chang-e berkata dalam hati ” Oh! Hou Yi sekarang sudah berbeda dengan yang biasa kukenal. Berapa lama lagi aku akan hidup dengannya ?? . “

kejadian ini berlangsung lama. Suatu hari hati dan pikiran Feng Meng ada pikiran jahat, dia berfikir selama Hou Yi masih ada. Tidak ada tempat bagiku di sini. Dia merencanakan sesuatu yang jahat kepada Hou Yi.

Chang e pergi ke bulan

Suatu hari ketika Feng Meng dan Hou Yi berada dalam hutan. ketika Feng Meng di belakang Hou Yi di tikam nya Hou Yi tepat di lehernya dengan menggunakan busur panah. Seketika itu juga Hou Yi langsung meninggal dunia.

Chang e terbang ke bulan

Chang-e tidak dapat berbuat apa – apa kecuali meninggalkan Hou Yi. Hou Yi dan Chang-e turun ke bumi tetapi hanya Chang-e yang dapat kembali ke langit. Karena kesedihannya akhirnya dia pergi ke tempat yang sepi dan dingin yaitu bulan.

Untuk mengenang Putri Chang-e seorang dewi langit yang turun ke bumi. Selama Perayaan Pertengahan Musim gugur orang cina akan memandang bulan yang jauh dan teringat pada Chang-e.

Baca juga Cerita Rakyat China : Asal Usul Tradisi Menyulut petasan bambu

Kami adalah sebuah website yang menggumpulkan berbagai macam cerita dari dalam dan luar negeri.. ada cerita motivasi, cerita lucu, cerita rakyat. Dukung kami dengan cara membagikan cerita - cerita yang sudah kami post kepada teman - teman Anda. pada website cerita-rakyat.com juga terdapat kumulan cerita humor dan kumpulan cerita motivasi, teka - teki dan quiz kalian dapat mengikuti dan membaca nya .... Selamat membaca

Post Comment