Kura – kura dan Monyet

kura kura dan si monyet
Monyet dan Kura – Kura

Dahulu, kala di hutan yang lebat hiduplah seekor kura – kura dan seekor monyet. Mereka hidup bersama dan saling tolong menolong, hal itu yang membuat mereka menjadi sahabat yang akrab. Kemanapun mereka pergi selalu bersama – sama. Semua hal di lakukan bersama – sama dari pagi hingga petang. Suatu hari ketika mereka sedang pergi berjalan – jalan bersama, mereka menemukan beberapa biji pisang.

“sahabat ku, kura – kura. Bagaimana jika biji pisang yang kita temukan ini, kita tanam. Siapa tahu berbuah,” kata monyet.

monyet dan kura – kura menanam buah pisang

“Ya, ya. Ayo kita tanam biji pisang ini, Kita tanam di rumah kita masing – masing!! ” seru kura-kura dengan semangat.

Mereka pun kembali ke rumah mereka masing-masing. Mereka menanam buah pisang tersebut, Si monyet tersebut hanya menanam buah pisang itu, tetapi tidak merawatnya. Dia hanya membiarkannya saja. Sedangkan Si kura – kura merawat pohon pisang itu, setiap hari di sirami pohon pisang itu. Akhirnya setelah beberapa bulan pohon pisang Si monyet masih kecil sekali dan pohon pisang Si kura – kura sudah tinggi dan berbuah.

Suatu hari, monyet pergi ke rumah kura-kura. Sesampainya di sana monyet melihat pohon buah pisang yang sudah besar dan matang. Karena kura – kura tidak bisa memanjat pohon pisang tersebut, maka kura – kura minta tolong pada monyet untuk mengambilkan buah pisang tersebut.

“Sahabat baikku, maukah kau petikkan untukku pisang itu? Nanti buah itu kita bagi,” kata kura-kura.

Monyet memiliki niatan yang jahat pun, menjadi senang. Karena dia akan memanjat pohon itu dan memakan semua buah pisang tanpa sedikitpun memberikannya kepada kura – kura.

“Baiklah, aku menolongmu untuk mengambilnya,” kata monyet. Sambil memanjat pohon itu.

monyet mencuri buah pisang kura – kura

Begitu sampai di atas, monyet langsung memakan pisang yang ada di pohon itu. Kura-kura kaget dan marah. “Hei sahabatku! Mengapa kau makan pisangku?!” tanya kura-kura marah.

Si monyet tak menghiraukannya lagi. Dimakannya semua pisang itu sampai kenyang. Tapi salah satu dari dahan pisang itu retak. Akhirnya dahan itu jatuh bersama monyet. Si monyet itu pun meringis kesakitan. Tulang punggungnya patah.

Monyet mengerang ke sakitan dan meminta pertolongan kepada kura – kura. Tetapi, kura-kura tidak menghiraukan teriakan monyet. Sang monyet pun merengek kesakitan sekaligus menyesal telah kehilangan sahabat baiknya.

Nasehat : Jangan ingin memiliki barang orang lain, dan Jangan menjadi serakah karenanya. 🙂


Nasehat untuk anak – anak dalam bentuk cerita, asal mula cangkang siput, kelinci yang nakal


 

Kami adalah sebuah website yang menggumpulkan berbagai macam cerita dari dalam dan luar negeri.. ada cerita motivasi, cerita lucu, cerita rakyat. Dukung kami dengan cara membagikan cerita - cerita yang sudah kami post kepada teman - teman Anda. pada website cerita-rakyat.com juga terdapat kumulan cerita humor dan kumpulan cerita motivasi, teka - teki dan quiz kalian dapat mengikuti dan membaca nya .... Selamat membaca

Post Comment