Kumpulan Cerita Rakyat Jepang

Jepang Japan 日本 Nippon

Seputar tentang Jepang Japan 日本 Nippon atau Nihon

 

Seputar jepang – Jepang (bahasa Jepang: 日本 Nippon atau Nihon; nama resmi: 日本国 Tentang suara ini Nipponkoku atau Nihonkoku, nama harfiah: “Negara Jepang”) adalah sebuah negara kepulauan di Asia Timur. Letaknya di ujung barat Samudra Pasifik, di sebelah timur Laut Jepang, dan bertetangga dengan Republik Rakyat Tiongkok, Korea, dan Rusia. Pulau-pulau paling utara berada di Laut Okhotsk, dan wilayah paling selatan berupa kelompok pulau-pulau kecil di Laut Tiongkok Timur, tepatnya di sebelah selatan Okinawa yang bertetangga dengan Taiwan.

Jepang terdiri dari 6.852 pulau yang menjadikannya sebagai negara kepulauan. Pulau-pulau utama dari utara ke selatan adalah Hokkaido, Honshu (pulau terbesar), Shikoku, dan Kyushu. Sekitar 97% wilayah daratan Jepang berada di keempat pulau terbesarnya. Sebagian besar pulau di Jepang bergunung-gunung, dan sebagian di antaranya merupakan gunung berapi. Gunung tertinggi di Jepang adalah Gunung Fuji yang merupakan sebuah gunung berapi. Penduduk Jepang berjumlah 128 juta orang, dan berada di peringkat ke-10 negara berpenduduk terbanyak di dunia. Tokyo secara de facto adalah ibu kota Jepang, dan berkedudukan sebagai sebuah prefektur. Tokyo Raya adalah sebutan untuk Tokyo dan beberapa kota yang berada di prefektur sekelilingnya. Sebagai daerah metropolitan terluas di dunia, Tokyo Raya berpenduduk lebih dari 30 juta orang. Source : wikipedia Japan Nipon

Cerita Rakyat Jepang

 

Jepang memiliki budaya yang sangat unik, sehingga cerita rakyat juga banyak sekali. Seperti di Indonesia ada cerita dongeng, Legenda, dll. Di Jepang juga kita bagi agar lebih mudah berdasarkan isi menjadi 3 kelompok: cerita zaman dulu (昔話 mukashibanshi?), legenda (伝説 densetsu?), dan Cerita Mitos.

Cerita zaman dulu

Lokasi cerita dan tokoh-tokoh dalam cerita bersifat fiktif, sedangkan waktu kejadian adalah masa lampau yang tidak dijelaskan secara pasti. Ciri khas adalah kata “mukashi” atau “mukashi, mukashi” (zaman dulu kala) yang digunakan untuk kalimat pembuka. Kalimat dalam cerita sering menggunakan kata “attasōna” atau “atta to sa” yang berarti “konon” atau “kabarnya menurut orang zaman dulu”. Cerita sering diakhiri dengan kalimat “Dotto harai” yang berarti “Tamat” atau “Mereka bahagia selamanya”.

Pencerita yang tidak memandang perlu untuk meyakinkan pendengarnya bahwa cerita yang disampaikannya benar-benar terjadi. Kemungkinan besar tidak pernah terjadi.

Judul – Judul cerita rakyat Jepang zaman dulu:

• Momotaro
• Kakek Pemekar Bunga
• Kintaro
• Pertarungan Monyet dan Kepiting
• Gunung Kachi-kachi
• Balas Budi Burung Bangau
• Urashima Taro

• Patung Jizo Bertopi Bambu
• Periuk Bunbuku
• Issun-Bōshi
• Shita-kiri Suzume

1. 2. Legenda

Isi cerita umumnya tentang kepercayaan, dan peristiwa tentang asal-usul tempat, bangunan, kuil, desa, pohon, batu, mata air, gunung, atau bukit yang dipercaya orang sebagai pernah ada. Selain itu, isi cerita bisa berupa legenda sejarah, tokoh sejarah, asal-usul adat istiadat, dan hal-hal tabu. Tokoh, waktu, dan lokasi diceritakan dengan pasti.
Tokoh utama biasanya adalah tokoh sejarah yang benar-benar ada seperti Kobo Daishi, Minamoto no Yoshitsune, tokoh yang kalah perang dan melarikan diri untuk bersembunyi (ochūdo), atau golongan hantu (Yōkai) seperti oni, tengu, dan kappa.

Pencerita sedikitnya ingin pendengar percaya dengan cerita yang dituturkan, dan sebagian orang percaya bahwa cerita mengandung kebenaran. Beberapa judul legenda bisa digolongkan sebagai cerita zaman dulu:
• Putri Kaguya
• Tanabata
• Banchō Sarayashiki

1. 3. Mitos


Isi cerita berupa desas-desus tentang tokoh terkenal, keluarga, atau desa. Selain itu, cerita dapat berupa “kisah nyata” dari kejadian sehari-hari yang dialami sendiri oleh orang yang bercerita (misalnya pengalaman melihat hantu), cerita aneh, cerita lucu, atau cerita erotis. Cerita harus sudah dituturkan secara berulang-ulang, dan tidak termasuk gosip sewaktu mengobrol yang umumnya hanya diceritakan sekali.

Orang yang bercerita mengaku dirinya mengalami sendiri kejadian yang diceritakan, atau menuturkan kisah yang menurutnya benar-benar pernah terjadi. Selain orang yang bercerita, tokoh utama bisa berupa tetangga, sanak keluarga, atau kenalan. Legenda urban dapat disebut cerita masyakarat zaman modern. Sumber dari cerita mulut ke mulut biasanya pengelana yang bepergian dari satu tempat ke tempat yang lain, atau orang desa yang bekerja di kota.
Cerita jenis ini tidak memiliki judul yang baku, dan bisa berupa apa saja, seperti pengalaman ditipu kitsune, atau cerita hantu Hanako di kamar kecil sekolah.

ada juga Hewan Mitos tentang dewa – dewa dari Jepang seperti Qirin, Yamata No Orichi. Jepang dengan memiliki budaya yang kental, hal itu tercermin dari kehidupan dan cara kerja mereka sehari – hari.

Daftar Isi Kumpulan cerita Rakyat Jepang

 

Kita dari cerita-rakyat.com berusaha mengumpulkan cerita rakyat yang ada di Jepang. Semoga cerita ini dapat menginspirsi dan mengenalkan budaya Jepang kepada para pembaca sekalian.

Kumpulan Cerita Rakyat Nusantara Indonesia

Kumpulan Cerita Rakyat Jepang

Kumpulan Cerita Rakyat atau mitos dari Yunani

Kumpulan Cerita Rakyat Cina