Kumpulan Cerita Rakyat China

Republik Rakyat Tiongkok atau Cina

negara republik tiongkok cina

Republik Rakyat Tiongkok (Hanzi Sederhana: 中华人民共和国; Hanzi Tradisional: 中華人民共和國; Pinyin: Zhōnghuá Rénmín Gònghéguó; Pe̍h-ōe-jī: Tiong-hôa Jîn-bîn Kiōng-hô-kok, disingkat RRT atau Tiongkok; literal: Republik Rakyat Tionghoa) adalah sebuah negara yang terletak di Asia Timur yang beribukota di Beijing. Juga diterjemahkan sebagai Republik Rakyat Cina/RRC sejak 28 Juni 1967 hingga 14 Maret 2014 Negara ini memiliki jumlah penduduk terbanyak di dunia (sekitar 1,35 milyar jiwa) dan luas wilayah 9,69 juta kilometer persegi, menjadikannya ke-4 terbesar di dunia.

Negara ini didirikan pada tahun 1949 setelah berakhirnya Perang Saudara Tiongkok, dan sejak saat itu dipimpin oleh sebuah partai tunggal, yaitu Partai Komunis Tiongkok (PKT). Sekalipun seringkali dilihat sebagai negara komunis, kebanyakan ekonomi republik ini telah diswastakan sejak tahun 1980-an. Walau bagaimanapun, pemerintah masih mengawasi ekonominya secara politik terutama dengan perusahaan-perusahaan milik pemerintah dan sektor perbankan. Secara politik, ia masih tetap menjadi pemerintahan satu partai. wikipedia Republik Rakyat Tiongkok

Sebagai negara dengan penduduk terbanyak di dunia, dengan populasi melebihi 1,363 miliar jiwa (perkiraan 2014), yang mayoritas merupakan bangsa Tionghoa. Untuk menekan jumlah penduduk, pemerintah giat menggalakkan kebijakan satu anak. Tiongkok Daratan merupakan istilah yang digunakan untuk merujuk kepada kawasan di bawah pemerintahan RRT dan tidak termasuk kawasan administrasi khusus Hong Kong dan Makau, sementara nama Republik Tiongkok mengacu pada entitas lain yang dulu pernah menguasai Tiongkok sejak tahun 1912 hingga kekalahannya pada Perang Saudara Tiongkok. Saat ini Republik Tiongkok hanya menguasai pulau Taiwan, dan beribukota di Taipei, oleh karena itu lazim disebut Tionghoa Taipei. wikipedia Republik Rakyat Tiongkok.

Cerita Rakyat dari Cina atau asal usul Tradisi Cina

dragon boat festival

Cerita Rakyat dari berbagai negara sangat unik dan beraneka ragam. Masyarakat di tiap daerah memiliki budaya dan tradisi yang berbeda – beda. Budaya tersebut membuat berbagai macam cerita di masing masing menjadi menarik, karena mencermin latar belakang budaya di suatu negara tersebut.

Di berbagai bagian di bumi ini, masyarakatnya hidup di dalam area atau daerah yang memiliki latar belakang budaya yang berbeda. Bahkan, daerah yang letak geografisnya saling berdekatan pun dapat memiliki karakteristik masyarakat dan alam yang berbeda. Karena sebab inilah, segala produk budaya yang berasal dari daerah tertentu memiliki perbedaan dengan daerah lain, tak terkecuali cerita daerah atau cerita rakyat. Pada masyarakat Cina mereka dengan populalasi yang terbesar di Dunia, tentu mereka memiliki banyak sekali budaya. Mereka merayakan pada tradisi pada musim – musim tertentu. di bawah ini kumpulan cerita – cerita Legenda, Dongeng, cerita rakyat, dan asal usul nama suatu tempat di cina.

Kumpulan Cerita Rakyat dan Legenda dari Cina

. Qing Ming Festival

peristiwa atau tradisi yang berhubungan dengan Qing Ming Festival

Bermain Layang – layang pada festival Qing Ming

Festival Qing Ming Menurut sejarah, nama Qing Ming mulai dikenal pada masa Dinasti Han, karena cuaca pada ketiga bulan pertama tampak putih dan bersih. Hanya pada Dinasti Tang, hal ini menjadi sebuah perayaan. Kebiasaan menyapu kuburan menjadi lazim.

Baca Selengkapnya ……..http://cerita-rakyat.com/bermain-layang-layang-pada-festival-qing-ming/

Bermain layang – layang pada festival Qing Ming

nama Qing Ming mulai dikenal pada masa Dinasti Han, karena cuaca pada ketiga bulan pertama tampak putih dan bersih. Hanya pada Dinasti Tang, hal ini menjadi sebuah perayaan. Kebiasaan menyapu kuburan menjadi lazim. Pada perayaan…

Baca selengkapnya di: http://cerita-rakyat.com/bermain-layang-layang-pada-festival-qing-ming

. Festival Perahu Ular Naga atau Dragon Boat Festival

peristiwa atau perayaan yang berhubungan dengan dragon boat festival

Perahu ular Naga dan Cao-e

Festival Perahu Ular Naga ( Dragon Boat Festival ) Pada perayaan perahu ular Naga biasanya di gunakan untuk memperingati tiga kejadian yaitu Peringatan Qu Yuan, Peringatan Cao-e, dan legenda ular putih. Festival perahu Ular naga atau biasa disebut dengan Dragon…

Baca selengkapnya di : http://cerita-rakyat.com/perahu-ular-naga-dan-cao-e/

Festival Perahu Ular Naga Qu Yuan

Festival Perahu Ular Naga Qu Yuan Festival Perahu Ular Naga ( Dragon Boat Festival ) Pada perayaan perahu ular Naga biasanya di gunakan untuk memperingati tiga kejadian yaitu Peringatan Qu Yuan dan Peringatan Cao-e , legenda Ular Putih Festival perahu Ular naga atau biasa disebut dengan Dragon Boat…

Baca selengkapnya di : http://cerita-rakyat.com/festival-perahu-ular-naga-qu-yuan/

Legenda Ular Putih

Legenda Ular Putih Legenda Ular Putih Cerita wanita ular putih sudah sejak lama di hubung – hubungkan dengan Perayaan perahu ular naga Qu Yuan dan Perayaan ular Naga Cao-e. Cerita Rakyat Legenda Ular putih ini sangat terkenal di wilayah china, bagaimana cerita nya…

Baca selengkapnya di : http://cerita-rakyat.com/legenda-ular-putih/

. Festival Pertengahan Musim Gugur

peristiwa atau perayaan yang berhubungan dengan Festival pada pertengahan musim gugur

Tradisi Menatap Bulan sampai Jam 4 pagi

Festival pertengahan musim gugur ( Mid Autumn Festival ) Festival pertengahan Musim gugur menyangkut sekitar masalah bulan dan ada banyak cerita sejarah yang berhubungan dengan bulan. kita akan memberikan 3 cerita rakyat yang paling terkenal yaitu Legenda Putri Chang-e, Tradisi…

Baca selengkapnya di : http://cerita-rakyat.com/tradisi-menatap-bulan-sampai-jam-4-pagi/

Asal Tradisi Menyajikan Kue Bulan

Menyajikan Kue Bulan Ketika Perayaan Pertengahan Musim Gugur Dengan berakhirnya Dinasti Song, orang – orang mongol menguasai cina pada saat itu. Orang mongol menindas bangsa cina pada saat itu. mereka memperkerjakan mereka dengan paksa.

Baca selengkapnya di : http://cerita-rakyat.com/asal-tradisi-menyajikan-kue-bulan/

Legenda putri Chang-e 

Dahulu semasa Kaisar Yao yang legendaris, ada sepuluh matahari yang menerangi bumi. Tetapi pada suatu hari kesepuluh matahati itu muncul bersama – sama di alam nyata manusia.

Baca selengkapnya di : http://cerita-rakyat.com/legenda-putri-chang-e/

Daftar Isi kumpulan Cerita Rakyat dari Cina

 

Semoga dengan adanya cerita rakyat ini dapat membuat para pembaca menjadi lebih mencintai budaya tiap daerah masing – masing. Budaya adalah ciri khas bangsa.  di bawah ini kita juga merangkup kumpulan cerita lainnya :

Kumpulan Cerita Rakyat Nusantara Indonesia

Kumpulan Cerita Rakyat Jepang

Kumpulan Cerita Rakyat atau mitos dari Yunani

Kumpulan Cerita Rakyat Cina

Jika suka dengan cerita – cerita dari belahan dunia yang kita kumpulan di cerita-rakyat.com dukung kami dengan cara mengirimkan cerita dan membagikan cerita ini kepada teman – teman anda melalui media social.