Legenda Ratu Nyi Roro Kidul

Di daerah Jawa, sering ada cerita tentang seorang perempuan yang di tepi pantai. Biasanya orang – orang di daerah sana mengatakan Jika ada seseorang di tepi pantai hilang. Maka ia di bawa oleh Nyi Roro Kidul. Cerita itu biasa di ceritakan oleh masyarakat di sana, bagaimana cerita Nyi Roro Kidul ada ? Yuk ikuti cerita di bawah ini.

Legenda Ratu Nyi Roro Kidul

Legenda Ratu Nyi Roro Kidul

Dahulu kala ada sebuah kerajaan yang di pimpin oleh Raja Mundi Wangi. Ia memiliki seorang istri bernama Dewi Srengenge, dan seorang putri cantik bernama Kadita yang berarti matahari yang indah. Meskipun sang raja mempunyai seorang putri yang cantik, ia selalu bersedih karena sebenarnya ia selalu berharap mempunyai anak laki-laki. Akhirnya dengan ijin istrinya, Sang Raja pun kemudian menikah lagi dengan Dewi Mutiara, dan mendapatkan putra dari perkawinan tersebut. Maka, bahagialah sang raja.

Suatu hari, Dewi Mutiara ingin mengusir Kadita kerena dewi mutiara takut tahta kerajaan tidak di serahkan kepada anaknya laki – laki. Maka ia menghadap sang Raja dan berusaha membujuk Raja agar menyuruh putrinya pergi dari istana. Sudah tentu raja menolak.

“Sangat menggelikan. Saya tidak akan membiarkan siapapun yang ingin bertindak kasar pada putriku”, kata Raja Munding Wangi.

Mendengar jawaban itu, Dewi Mutiara pun tersenyum dan berkata manis sampai raja tidak marah lagi kepadanya. Tapi di dalam hatinya, dia tetap ingin Putri kadita pergi.

Keesokan harinya, Dewi Mutiara mencari informasi tentang seorang dukun, lalu ia mengutus pembantunya untuk memanggil dukun tersebut datang kepadanya. Dia ingin sang dukun mengutuk Kadita, anak tirinya.

“Aku ingin tubuhnya yang cantik penuh dengan kudis dan gatal-gatal. engkau akan mendapatkan suatu imbalan yang tak pernah kau bayangkan sebelumnya, jika engkau berhasil.” Sang dukun menuruti perintah sang ratu.

Pada malam harinya, Sewaktu putri kadita sedang tidur, tiba – tiba ia menciup bau busuk. Ketika di cari asal bau itu, ia menyadari bahwa tubuhnya telah di penuhi kudis dan bisul. Ia pun berteriak, puteri yang cantik itu pun menangis dan tak tahu harus berbuat apa. Para penjaga yang mendengar jeritan itu segera melihat keadaan putri, ketika ia mengatahui itu para penjaga segera melapor kepada Sang Raja.

Ketika Raja mendengar kabar itu, beliau segera menyuruh abdinya untuk mengundang banyak tabib untuk menyembuhkan penyakit putrinya. Melihat keadaan putrinya Beliau sadar bahwa itu bukanlah penyakit yang normal, seseorang pasti telah mengutuk atau mengguna-gunainya. Masalah pun menjadi semakin rumit ketika Ratu Dewi Mutiara memaksanya untuk mengusir puterinya.

“Puterimu akan mendatangkan kesialan bagi seluruh negeri, masyarakat akan mengira kutukan putrimu akan memberikan dampak kepada seluruh negeri” kata Dewi Mutiara.

Karena Raja tidak menginginkan puterinya menjadi bahan pembicaraan di seluruh negeri, dengan berat hati Sang Raja menyetujui usul Ratu Mutiara untuk mengirim putrinya ke luar dari negeri itu.

Pada saat malam tiba, puteri itu pergi dari istana di kawal oleh para pengawal. Tetapi setelah agak jauh dari kerajaan, sesuai perintah dewi Mutiara maka pengawal itu meninggalkan Dia sendirian. Puteri yang malang itu pun pergi sendiri, Ia tidak tahu kemana harus pergi. Air mata keluar terus menerus, sambil menyusuri jalan setapak dami setapak. Dia memang memiliki hati yang mulia. Dia tidak menyimpan dendam kepada ibu tirinya, malahan ia selalu meminta agar Tuhan mendampinginya dalam menanggung penderitaan..

Cerita Rakyat Nyi Roro Kidul

Baca juga :

 

Hampir tujuh hari dan tujuh malam dia berjalan sampai akhirnya tiba di Samudera Selatan. Dia memandang samudera itu. Airnya bersih dan jernih, tidak seperti samudera lainnya yang airnya biru atau hijau. Dia melompat ke dalam air dan berenang. Tiba-tiba, ketika air Samudera Selatan itu menyentuh kulitnya, mukjizat terjadi. Bisulnya lenyap dan tak ada tanda-tanda bahwa dia pernah kudisan atau gatal-gatal. Malahan, dia menjadi lebih cantik daripada sebelumnya. Bukan hanya itu, kini dia memiliki kuasa untuk memerintah seisi Samudera Selatan. Kini ia menjadi seorang peri yang disebut Nyi Roro Kidul atau Ratu Pantai Samudera Selatan yang hidup selamanya.

Kami adalah sebuah website yang menggumpulkan berbagai macam cerita dari dalam dan luar negeri.. ada cerita motivasi, cerita lucu, cerita rakyat. Dukung kami dengan cara membagikan cerita - cerita yang sudah kami post kepada teman - teman Anda. pada website cerita-rakyat.com juga terdapat kumulan cerita humor dan kumpulan cerita motivasi, teka - teki dan quiz kalian dapat mengikuti dan membaca nya .... Selamat membaca

Post Comment