Jagalah Kata – kata mu karena terkadang menyakitkan

Kata – Kata yang menyakitkan

Pegangan hidup dalam perjalanan kehidupan

Dulu ada seorang anak bernama David, dia tinggal bersama orang tuanya dan ketiga adik perempuannya. Keluarganya miskin dan tidak mempunyai cukup uang untuk membiayai sekolahnya.

Ayahnya hanya asal – asalan bekerja dan ia juga seorang pemabuk. Ayahnya sering sekali marah – marah dan memukul ibunya. Kehidupan dalam keluarga itu sangat berantakan karena Ayahnya. Melihat keadaaan itu ia sangat membenci Ayahnya, hingga akhirnya David memaksa ibunya untuk menceraikan Ayahnya dan Pergi ke Kota Jakarta bersama dengan ketiga adiknya. Mereka pergi ke tempat pamannya tinggal.

David sebagai pria paling tua dalam keluarganya terpaksa berhenti sekolah dan bekerja untuk memenuhi kebutuhan keluarganya. Ketika itu ia masih berumur 15 tahun, dan ia pun tumbuh dewasa tanpa melihat sosok Ayah sebagai panutan dalam hidupnya.

pada awalnya ia berjualan barang – barang dari pamannya di golodok. Ia berjualan segala macam barang, semua hanya untuk menghasilkan uang. Ia bekerja jam 6 pagi hingga jam 10 malam, dari berjualan sayuran hingga alat – alat perabotan. Ia menyekolahkan adik – adiknya dan menghidupi keluarganya.

Setelah selang beberapa tahun pamannya yang membantu dia pertama kali datang ke Jakarta berhenti bekerja. Karena pamannya sudah berhenti bekerja ia pun meminta balas budi 1.5 Kg emas kepada David. Kalau tidak ia akan di usir dari rumah pamannya tersebut. Pada waktu itu mereka sekeluarga tinggal di rumah pamannya.

Mendengar hal itu David menjadi sangat jengkel, tetapi apa daya. Ia tidak dapat berbuat apa – apa, ia pun menjual sebagian barang dagangannya, dan menyicil beberapa bulan untuk mendapatkan emas 1.5 KG untuk di berikan kepada pamannya. Permasalahanpun selesai.

Selang beberapa saat setelah kejadian itu, ibunya mengalami sakit dan meninggal dunia.

Betapa pedih hati david. Terlintas di benaknya mengapa ia harus mengalami hal ini ??

Ketika ia mendengar cerita temannya ” Aku kemarin pergi ke tempat ini ….. , aku kemarin makan ini….. ” mendengar teman – teman nya bercerita dengan bahagia, betapa pedih hatinya dan sakit. Karena ia tidak bisa melakukan itu semua. Hal tersebut seakan membuatnya iri hati.

Waktu terus berlalu, hingga akhirnya ia bertemu dengan seseorang yang membantu dia. Lalu ia di ajakan bermacam – macam hal.

Ia juga memegang beberapa ajaran ayatnya sebagai pegangan hidup


  • TUHAN akan mengangkat engkau menjadi kepala dan bukan menjadi ekor, engkau akan tetap naik dan bukan turun, apabila engkau mendengarkan perintah TUHAN, Allahmu, yang kusampaikan pada hari ini kaulakukan dengan setia


  • Janganlah gelisah hatimu percayalah kepada Allah, percayalah kepadaku juga.


  • Hanya, kuatkan dan teguhkanlah hatimu dengan sungguh-sungguh, bertindaklah hati-hati sesuai dengan seluruh hukum yang telah diperintahkan kepadamu oleh hamba-Ku Musa; janganlah menyimpang ke kanan atau ke kiri, supaya engkau beruntung, ke manapun engkau pergi.

 

dari sana ia belajar untuk mencintai orang lain dan juga belajar untuk memaafkan orang lain. Ia pun bertemu dengan seorang wanita yang akhirnya menjadi istrinya. Perlahan – lahan kehidupannya menjadi baik. Ia pun menceritakan kisah ini kepada banyak orang untuk menguatkan mereka.

Cerita motivasi pendek lainnya : Sesuatu yang hilang dan tidak dapat kembali

Pesan Moral Cerita Terkadang menyakitkan

Pernahkah Anda ketika berada dalam kondisi Jatuh di bawah, mendengarkan cerita teman anda yang ketika itu berada di atas atau sebaliknya. Anda bercerita dengan bahagianya ketika Anda berada kecukupan kepada teman Anda sewaktu ia berada di bawah.

Pernahkah Anda bercerita terkadang anda tidak ada maksud untuk menyakiti hati teman, Tetapi itu menyakitkan buat teman Anda.

Ada Peribahasa ” Mulut pahit seperti empedu, dan tajam seperti pedang bermata dua ” Maka dari itu marilah kita menjaga mulut kita.

Bagikan cerita ini untuk mengingatkan teman – teman anda.

Kami adalah sebuah website yang menggumpulkan berbagai macam cerita dari dalam dan luar negeri.. ada cerita motivasi, cerita lucu, cerita rakyat. Dukung kami dengan cara membagikan cerita - cerita yang sudah kami post kepada teman - teman Anda. pada website cerita-rakyat.com juga terdapat kumulan cerita humor dan kumpulan cerita motivasi, teka - teki dan quiz kalian dapat mengikuti dan membaca nya .... Selamat membaca

Post Comment