Cerita Asal Mula Sungai Musi

sungai-musi

Legenda Nama Sungai Musi

Legenda Sungai Musi Palembang

PALEMBANG, Alkisah pada zaman dahulu transportasi laut dan sungai sering sekali di gunakan untuk hubungan suatu wilayah, dan juga perdagangan. Menggunakan kapal dan perahu layar untuk transportasi dan hubungan perdangan laut. Karena transportasi laut yang lebih mudah dan murah di gunakan, dan juga transportasi laut dapat lebih banyak membawa barang. Jadi tempat – tempat strategis di jalus laut pastinya menjadi kian ramai. Bukan hanya para pedagang yang suka menggunakan transportasi ini, Bajak laut juga.

Pada suatu hari di kisakah kan ada para bajak laut dari negeri china yang terdiri dari tiga perahu layar , berlayar ke selat bangka . Kawanan perompak ini di pimpin seorang kapitan , Ketika melewati muara sungai musi Palembang, karena melihat sungai musi yang lebar dan tempat nya strategis. Sang kapitan mencoba mencari nama dan informasi sungai ini di peta, setelah di cari nya ternyata nama berserta informasi sungai tidak ada di dalam peta.

Para perompak itu melihat banyak perahu layar dan kapal datang dari hulu dengan muatan hasil bumi, melihat hal tersebut mereka meyakini di hulu sungai pastilah wilayah dengan tanah yang subur, mereka pun bersepakat dan membentuk kelompok – kelompok untuk mejelajahi wilayah hulu .

Ada kelompok mereka yang sampai di dataran rendah gunung dempo, daerah palembang. Di daerah sekitar sana mereka melihat tanah yang subur di daerah tersebut. Bermacam – macam hasil bumi seperti sayur mayur yg segar, begitu juga dengan cengkeh, buah – buahan, kayu manis, dan tanaman kopi di tanah yg luasnya menghutan dengan buah yang besar, dan tanaman hasil bumi lainnya. Melihat hal itu kolompok tersebut segera kembali melaporkannya ke Sang Kapitan.

Kelompok yang lain menjelajah wilayah muara enim, sama hal nya kelompok ini juga terkagum – kagum dengan dengan tanaman rempah rempah yang subur, dan di lihatnya juga hasil bumi berupa batu bara yang muncul di permukaan tanah. Beberapa kelompok yang lain juga melihat hal yang sama. Akhirnya mereka semua kambali dan melaporkan hal tersebut kepada Sang Kapitan.

Sang kapitan pun begitu tertarik dan memutuskan untuk tinggal beberapa lama di daerah Palembang Sumatera Selatan, tepatnya di sekitar sungai Musi. Dia memberi tanda melingkari daerah sumatera selatan di peta seraya berkata :

“Daerah ini sekarang adalah milik kita, kerena daerah ini belum memiliki nama di peta sebaiknya kita berikan sebuah nama. Kita akan menamakan daerah ini Mu Ci ( Mu Ci dalam bahasa tua cina HAN artinya adalah ayam betina, menurut legenda di cina mu ci adalah nama bagi dewi ayam betina yang memberikan keberuntungan pada manusia )“

“ kenapa tuan memberi nya nama mu ci ?” tanya seorang dari kawanan perompak itu.

Asal nama musi adalah Mu Ci

“ Bukankah mu ci ( ayam betina ) adalah makhluk yeng memberikan keuntungan untuk manusia ? sekali bertelur belasan butir, telur dapat kita buat berbagai macam makanan, dan juga dapat di perjual belikan. Daerah ini sangat subur bahkan luar biasa suburnya, ada tambang batu bara, emas, hasil bumi berupa buah – buahan, rempah – rempah nya bermutu tinggi, dll. Maka daerah ini memang layak disebut mu ci, karena tanah nya begitu kaya raya memberikan banyak keberuntungan bagi manusia “

Semenjak saat itu sang kapitan menuliskan mu ci di peta nya untuk menamai wilayah sungai musi palembang, dari sang kapitan mulai tersebar keberadaan wilayah ini dan juga nama mu ci sesuai yg tertulis di peta nya.

Lama – kelamaan daerah tersebut menjadi terkenal. Orang – orang yang melalui daerah tersebut, menyebut daerah itu sesuai dengan nama yang Sang Kapitan berikan Mu Ci. Tetapi karena dearah tersebut semakin ramai nama atau penyebutan berubah dari asli nya, dari mulut ke mulut selama bertahun – tahun daerah tersebut berubah nama menjadi Musi. seperti ini lah cerita asal mula nama sungai musi Palembang.


Nasehat untuk anak – anak dalam bentuk cerita, Si Kancil dan Si Siput, kelinci yang nakal


Kami adalah sebuah website yang menggumpulkan berbagai macam cerita dari dalam dan luar negeri.. ada cerita motivasi, cerita lucu, cerita rakyat. Dukung kami dengan cara membagikan cerita - cerita yang sudah kami post kepada teman - teman Anda. pada website cerita-rakyat.com juga terdapat kumulan cerita humor dan kumpulan cerita motivasi, teka - teki dan quiz kalian dapat mengikuti dan membaca nya .... Selamat membaca

Post Comment