Belajar dari kesalahan dan bangkit lagi

belajar dari kesalahan

Jika Kamu membuat kesalahan, Belajarlah dari kesalahan tersebut

Ada sebuah keluarga yang miskin, keluarga tersebut hanya ada seorang pemuda dan ayahnya. Pada suatu hari ayah pemuda itu sakit keras dan akan meninggal dunia. Karena keluarga tersebut kekurangan maka pemuda tersebut hanya mendapatkan warisan uang sedikit dan beberapa buah buku.

“Anakku, ayah tidak dapat memberikan banyak uang kepadamu, pergunakanlah dengan baik setelah ayah meninggal dan buku-buku yang ayah berikan ini pelajari dengan baik ini adalah harta yang tak terhingga nilainya. Mudah-mudahan kelak nasibmu bisa berubah lebih baik. Bekerjalah dengan rajin dan jangan patah semangat, Ayah berharap yang terbaik untukmu.” Pesan ayahnya sebelum meninggal.

Setelah beberapa hari, Ayah pemuda tersebut meninggal dunia. Pemuda tersebut hidup sendirian sebatangkara. uang yang ditinggalkan ayahnya tidak bertahan lama dan habis terpakai. Sewaktu ia termenung sendirian, ia melihat buku-buku peninggalan ayahnya. Ia teringat pesan dari orangtuanya agar belajar dari buku tersebut. Karena malas, ia mengambil jalan pintas. Buku itu dijual kepada teman yang mau membeli karena kasihan. Sebagai gantinya, ia mendapatkan beras untuk makan sehari-hari.

Baca juga cerita rakyat Jawa Timur : Asal Usul Banyuwangi

Beberapa saat kemudian, pemuda tersebut mulai mencari pekerjaan, dia bekerja kasar untuk menyambung hidupnya. Dari waktu – ke waktu kehidupannya tidak ada yang berubah. Tetapi ada satu hal yang membuatnya heran. Dia mengamati temannya yang dulu membeli bukunya, kehidupnya makin lama semakin baik dan semakin maju. Melihat temannya yang berhasil, dia juga ingin mempelajari cara yang membuat dia dapat berhasil.

Dia mendatangi dan bertanya. Pada awalnya temannya tidak mau memberitahu rahasianya. Tetapi melihat temannya yang sebatangkara, ia pun menjadi kasihan.

“Apakah kamu masih Ingat buku yang dulu pernah kamu jual kepada aku ?? Dulu aku membeli buku itu karena kasihan kepadamu. Awalnya kubiarkan saja dan tidak aku baca. Suatu hari, aku penasaran dengan isi buku itu, ternyata isi buku itu benar – benar bagus ………. Sebuah pelajaran hidup yang luar biasa, dan memotivasi aku.” Jawab temannya.
“ Sebenarnya, dari mana buku-bukumu itu berasal? ” Tanya temannya kepada pemuda itu

“ Buku itu adalah warisan orang tuaku “ Jawab pemuda itu.

“ Oya, Bukan itu saja, Di dalam buku itu terselip pesan, agar si pembaca praktikan dengan sungguh-sungguh setelah membacanya. Mungkin itu pesan dari orang tuamu untuk kamu. Aku mencoba mempraktikannya, dan hidupku jadi berubah. “ Kata temannya.
Mendengar cerita temannya itu, si pemuda sangat menyesal. “ Ternyata orang tuaku meninggalkan harta yang jauh lebih berharga dari yang aku bayangkan. Karena tidak menuruti pesan orang tuaku, maka aku kini hidup seperti ini. “ Kata pemuda itu

“ Teman, boleh aku pinjam kembali buku-buku itu untuk memulai hidupku yang baru? Aku ingin bisa mengubah hidupku menjadi lebih baik.” Jawab pemuda itu.

Demikianlah, banyak hal yang kadang tak kita mengerti, yang terbaik untuk hidup kita. Sering kali kita di hadapkan pada pilihan-pilihan yang harus kita jalani. Pilihan yang salah mengundang penyesalan, seperti si pemuda tadi. Maka dari itu janganlah kita malas lakukanlah yang terbaik, waktu tidak akan berjalan mundur. Kita juga dapat belajar, dari setiap kegagalan, setiap kesalahan.

Baca juga cerita motivasi : Belajar kehidupan dari semut

Maka, ada ungkapan “hal yang sudah berlalu tak perlu disesali”. Jika hari ini kita gagal, kita siap bangkit lagi! Jadikanlah ungkapan tersebut sebagai pegangan hidup.

Yang berlalu biarlah berlalu, jangan sesali yang sudah berlalu, jangan takut mengambil resiko lihatlah pada masa depan. Kita belajar dari banyak kesalahan dan segera memperbaikinya, untuk mengambil pilihan yang ada pada hari ini sebagai dasar pijakan meraih keberhasilan yang lebih membanggakan. Tetap berjuang!

pada website cerita-rakyat.com juga terdapat kumulan cerita humor dan kumpulan cerita motivasi, teka - teki dan quiz kalian dapat mengikuti dan membaca nya ....Selamat membaca

Share this post

Leave a Reply