Asal Usul Tradisi Menyulut petasan bambu

Asal Usul Tradisi Menyulut petasan bambu

Menyulut petasan bambu – Menurut sejarah, di puncak sebuah bukit penuh dengan bambu. Di celah – celah bambu tersebut, hidup sekelombok makhluk yang aneh yang disebut Makhluk Gunung. Mereka sangat pendek dan hanya mempunyai satu kaki.

cerita cina asal usul menyulut petasan

Datanglah seorang pedagang dengan membawa makanan dan juga sayur – sayuran untuk di jual. pada waktu melewati sebuah bukit, tiba – tiba ada segerombolan Makhluk Gunung mengganggu dia, barang dagangan nya juga di ambil oleh Makhluk Gunung tersebut.

Pedagang tersebut berlari mengejar Makhluk Gunung tersebut dan akhirnya berhasil menangkap salah seorang dari mereka. Di bawanyalah Makhluk Gunung tersebut menghadap kepada desa.

Sesampainya di desa, masyarakat desa menjadi terkejut karena dia melihat ada seorang pedagang berhasil menangkap Makhluk Gunung. Oleh salah seorang masyarakat di sana pedagang tersebut di suruh untuk segera melepaskan makhluk Gunung tersebut, jika tidak dia akan sakit dan badannya akan terasa panas dan dingin. Segera di lepaskannya makhluk Gunung itu oleh Sang pedangang.

Cerita Makhluk gunung dan petasan

cerita cina asal usul menyulut petasan 2

Terenyata benar, pada malam harinya pedagang tersebut tubuhnya menjadi terkadang panas dan kadang menjadi dingin. Dia membuat perapian untuk menghangatkan tubuhnya.

” Makhluk itu disebut Makhluk Gunung. Setiap Tahun Baru mereka akan turun gunung untuk mencari makan. Siapa pun yang mendekati dan menyentuhnya akan sakit. ” kata salah seorang masyarakat di sana kepada sang pedagang.

Baca juga cerita rakyat Jakarta : Si Pitung

Melihat sang pedagang yang sangat kedinginan, salah seorang masyarakat di sana melempatkan potongan potongan bambu untuk membuat api menjadi besar. Pada saat itu juga tiba – tiba datang lah segerombolan Makhluk Gunung mendatangi mereka hendak mencuri perbekalan makanan di sana. Tiba – tiba terdengar bunyi bunyian Tassss…… tasss…. tasss….. bunyi suara kayu bambu yang terbakar. Makhluk gunung yang hendak mencuri tiba – tiba lari ketakutan dan tidak jadi mencuri bahan makanan mereka.

Cerita asal usul petasan cina

Masyarakat di sana akhirnya mengetahui bahwa Makhluk Gunung takut pada suara kayu yang terbakar.

Sejak itu orang membakar santing bambu untuk mengusir Makhluk Gunung. Dan akhirnya mereka selalu membakar ranting bambu selama Tahun Baru untuk mengusir roh jahat. Lambat laun hal ini menjadi suatu kebaisaan masyarakat china.

Di Cina memiliki banyak sekali tradisi dan cerita seperti : Menabur Kertas 5 warna dan Menyajikan Kue bulan

Kami adalah sebuah website yang menggumpulkan berbagai macam cerita dari dalam dan luar negeri.. ada cerita motivasi, cerita lucu, cerita rakyat. Dukung kami dengan cara membagikan cerita - cerita yang sudah kami post kepada teman - teman Anda. pada website cerita-rakyat.com juga terdapat kumulan cerita humor dan kumpulan cerita motivasi, teka - teki dan quiz kalian dapat mengikuti dan membaca nya .... Selamat membaca

Post Comment