Asal Usul Makanan Festival Dong Zhi

Dong Zhi – Festival Musim Dingin

Festival Dong Zhi - 冬至快乐Banyak orang yang beranggapan bahwa Dong Zhi berarti kembalinya musim salju. Sebenarnya Dong Zhi berarti bahwa setelah hari itu matahari akan condong. Saat Dong zhi lama siang di sebelah utara lebih pendek. Sedang di sebelah selatan sebaliknya.

Di tahun baru, semua orang akan saling berkunjungan, sama seperti zaman dahulu. Dan saat Dong zhi pun orang akan saling berkunjung. Masyarakat akan membuat sesaji kemenyan saat dini hari dan orang – orang bisnis akan mulai menjalankan usahanya. Mereka akan berpesta dan suasananya sama seperti tahun baru.

Dulu, musim salju di Cina terasa sangat dingin dan sarana kesehatan pun masih kurang, sehingga banyak orang yang mati karena kedinginan. Oleh karenanya, pada saat musim salju, orang – orang berkumpul bersama sambil makan Tang Yuan, yaitu bola – bola tepung ketan. Yuan ( bundar ) dikaitkan dengan tuan ( bersatu kembali ) dan Yuan ( lengkap ). Makan Tang Yuan atau disebut juga tuan yuan ini merupakan simbol persatuan dan keharmohisan keluarga. Cerita Chinese Valentine Day

Dong Zhi Festival - Cerita RakyatMakanan Dong zhi

Pada sauatu hari Kaisar sedang meninjau pembangunan kerajaan. Ia melihat begitu bagus bangunan itu, semua orang terlibat dalam pembangunan dan sangat cakap pengerjaannya. Maka ia memberikan Mandornya dengan sebutan seorang ahli.

Mendengar kaisar memberikan gelar kepada dia, maka temannya yang lain juga memohon kepada kaisar katanya : ” Yang mulia, semua bahan dari kayu di buat oleh kami. Kami betul – betul ahli dalam hal ini “

” Benar, aku akan memberi julukan ahli untuk kalian semua. ” Kata yang kaisar.

” Semua susunan batu di sini dibuat oleh kami , tukang batu. Kami betul – betul ahli yang mulia. ” Kata tukang batu.

Maka Kaisar juga memberikan gelar seorang ahli kepada mereka, kejadian itu berlangsung terus menerus. tukang cat, tukang besi, tukang timah dan tukang emas, dll.

Hingga akhirnya di dapur terdengar kabar itu. Wanita yang memasak di dapur juga meminta gelar kepada kaisar, tetapi sewaktu ia meminta gelar itu. Ia di tertawakan oleh tukang batu, tukang , kayu, dan yang lainnya.

” Yang mulia, memasak bukanlah keahlian khusus. Jika tukang masak diberi julukan ahli, gelar tersebut tidak akan berharga lagi. ” Kata mereka.

Mereka yang mendapatkan gelar menjadi bangga dan menjadi lebih semangat bekerja. Hari menjelang sore, para pekerja hendak ke dapur untuk makan. Sesampainya di sana di lihatnya tidak ada makanan sedikitpun.

” Karena memasak bukan keahlian khusus, masaklah sendiri ” Kata wanita juru masak itu, tiba – tiba muncul di hadapan mereka.

Mereka tidak pernah memasak, hanya bahan – bahan yang masih mentah tersedia di sana. Salah seorang dari mereka melaporkan kejadian ini kepada kaisar.

Makanan Dong Zhi - Dong Zhi FestivalAkhirnya Kaisar memanggil mereka semua. Karena dengan adanya kalian yang menyiapkan makanan bagi yang lain, orang – orang yang lain dapat bekerja. Aku akan memberikan gelar yang lebih tinggi dari mereka yaitu Gelar Ahli yang Hebat.

Masalah mereka pun selesai wanita juru masak juga mendapatkan gelar. Ia menjadi bersemangat kembali .

” Besok adalah Dong Zhi, kami akan memasak bola – bola tepung ketan, kue kering, gorengan, bubur kacang merah untuk kalian semua. ” Kata juru masak.

Sejak saat itu, makanan – makanan ini selalu disiapkan oleh penduduk selatan selama Dong Zhi.

Kami adalah sebuah website yang menggumpulkan berbagai macam cerita dari dalam dan luar negeri.. ada cerita motivasi, cerita lucu, cerita rakyat. Dukung kami dengan cara membagikan cerita - cerita yang sudah kami post kepada teman - teman Anda. pada website cerita-rakyat.com juga terdapat kumulan cerita humor dan kumpulan cerita motivasi, teka - teki dan quiz kalian dapat mengikuti dan membaca nya .... Selamat membaca

Post Comment