Asal Usul Hari Kasih Sayang Masyarakat Cina

The Chinese Valentine Day

Hari Kasih Sayang Masyarakat Cina

 

Hari Ketujuh bulan ketujuh lunar merupakan hari kasih sayang masyarakat cina. Cerita yang sangat populer menyebutkan bahwa hari kasih sayang ini dihubungkan dengan Perayaan Si penggembala dan Gadis Penenun.

Si penggembala dan Gadis Penenun.

Hari Kasih Sayang - Chinese valentine day Festival

Dahulu kala ada seorang anak laki-laki. Ayah dan ibunya telah tiada. Dia tinggal bersama kakak laki – laki dan kakak perempuan iparnya. Karena dia menggembala sapi, orang – orang menyebutnya Si Penggembala.

Pada waktu Si Penggembala beranjak dewasa di berikannya Sapi jantan yang selalu ia rawat, dan juga pedatinya. Hewan – hewan lainnya yang dia pelihara di ambil oleh kakaknya. Si Penggembala di suruh pergi oleh Kakaknya dan juga kakak iparnya.

Kemudian ia pergi, ia mencari sebidang tanah di kaki bukit dan membersihkannya lalu hiduplah ia seorang diri di sana.

Waktu ia lalui bersama – sama dengan sapi jantan tersebut. Hingga pada suatu hari ketika ia telah lelah bekerja mengolah tanahnya, ia tertidur lelap.

” Hai, penggembala ” Tiba – tiba ada suara memanggil dia.

” Ini aku yang berbicara Sapi Jantan, aku sebenarnya adalah binatang Sapi jantan dari langit. Aku di usir dari langit karena melanggar peraturan. ” Kata Sapi jantan itu kepada Gembala.

Sambil terkejut Si penggembala itu bangun dari tidurnya dan mendengarkan perkataan Sapi Jantan.

” Sudah waktunya bagimu untuk mencari seorang istri. Ada kesempatan bagus yang tidak boleh di lewatkan. Pergilah besok ke dekat gunung yang ada di seberang. Di sana kamu akan menemukan hutan dan di sebelah hutan itu ada danau. Ambillah baju berwarna merah di sana. ” Kata Sapi Jantan.

Si penggembala tidak tahu hal itu benar atau tidak. Tetapi melihat keajaiban Sapi Jantan yang bisa berbicara, ia mencoba melakukan seperti yang di perintahkan Sapi jantan. Keesokan harinya, ia pergi ke gunung di seberang, dan menyusuri hutan. Benar seperti yang di katakan oleh Sapi Jantan di sana ada danau.

Gadis Penenun mandi - Cerita Hari Kasih Sayang

Sesampainya di sana ia melihat ada sekumpulan wanita yang cantik jelita sedang mandi di danau. Menurut perkataan Sapi Jantan, penggembala harus mengambil baju yang berwarna merah, dan siapa saja yang mendekat dan meminta baju merah ini, dia akan menjadi istrinya. Maka di ambilnyalah baju berwarna merah itu, lalu si penggembala bersembunyi di semak – semak.

Beberapa saat setelah itu para wanita itu selesai mandi, mereka mengenakan pakaian masing – masing dan berbegas pulang. Mereka terbang kembali ke langit, kerana mereka sebenangnya adalah orang – orang dari langit. Tetapi tinggallah satu orang wanita di sana, ia tidak bisa kembali karena baju nya tidak di temukan.

Baca Juga Cerita Rakyat Nusantara dari Jawa Barat : Sangkuriang

Di saat setelah itu si penggembala melambai – lambaikan tangan dengan menggenggam baju berwarna merah dan di berikannya baju tersebut. Lalu mereka berdua berkenalan.

” Namaku Si Penggembala. orang tuaku telah tiada ketika aku masih kecil. Aku tinggal bersama kakak laki – laki dan kakak perempuan iparku. Mereka yang merawatku. Pada malam hari aku tidur di kandang sapi. Dia lah satu – satunya temanku, sekarang aku tinggal sendirian di kaki bukit. ” Jelas Si Penggembala.

” Sungguh menyedihkan hidupmu, Aku adalah cucu perempuan Ratu Langit. Namaku Gadis penenun. Awan di angkasa adalah buah karyaku. ” Balas wanita itu.

Si gembala dan gadis penenun - hari kasih sayang Valentine day” Ratu langit mempekerjakanku siang dan malam tanpa henti. Tidak ada kebebasan, rasanya seperti di tawan saja. Orang – Orang mengatakan enak berada di atas, tetapi bagiku tidak. Aku tidak ada kebebasan dan tidak dapat melihat apa – apa. Itulah sebabnya aku meninggalkan tempat itu, dan turun ke bumi untuk melihat – lihat . ” Si Gedis Penenun bercerita kepada Si Penggembala.

” Jika tidak ada yang menarik di langit. janganlah engkau kembali ke sana. ” Jawab Si Penggembala.

” Alam manusia sungguh indah. Sekarang Ratu Langit sedang tidur sehabis minum. Aku dan saudaraku hanya memiliki waktu sebentar turun ke bumi.” Balas Si Penenun.

” Engkau dapat bekerja dan tinggal bersamaku, jika engkau mau ??? ” Tanya Si Penggembala.

sambil berfikir, lalu gadis penenun itu menjawab ” Baiklah “

Si Penggembala mengantarkan Gadis penenun ke rumahnya. Mereka berdua menikmati hidup bersama, mereka pun hidup dari hasil kerja mereka.

Tujuh tahun dengan cepat mereka lalui. Mereka memiliki seorang anak, memiliki hidup yang bahagia. Tetapi Gadis penenun ini menjadi kawatir karena hal ini pasti sudah di ketahui oleh Ratu Langit.

” Tujuh tahun di bumi sama dengan tujuh hari di langit. Ratu langit pasti sudah tahu kalau aku telah menikah dengan makhluk bumi. ” Kata Gadis penenun dalam hati.

Ketakutan Gadis penenun benar – benar terjadi di istana langit. Ratu langit marah besar karena ia mengetahui Si Gadis penenun itu menikah dengan makhluk bumi. Akhirnya Ratu Langit turun sendiri ke bumi untuk menjemput kembali gadis penenun.

Sesampainya di bumi ia terkejut melihat tempat tinggal gadis penenun, karena tempat tinggal tersebut sangatlah sederhana. Sebelum menghampirinya ia juga melihat dari jendela wajah gadis penenun yang tampak bahagia. Lalu ia datang ke rumahnya dan membawa gadis penenun terbang kembali ke langit.

Kejadian ini di lihat oleh anak – anak gadis penenun. Ia segera melaporkan kejadian tersebut kepada ayahnya.

” Ayah, Ibu dibawa pergi perempuan tua jahat !! ” Seru anaknya kepada ayahnya.

” Dia adalah Ratu Langit ” Jawab Sapi Jantan.

” Gunakan papan ini untuk mengejar istrimu ” Lanjut Sapi Jantan.

Lalu dengan segera mereka terbang dan mengejar Ratu Langit. Melihat mereka ratu langit membentangkan tangannya, tiba – tiba pada saat itu juga air besar datang dan menutup jalan.

” Jika kau ingin menemui istrimu , kau harus menyebrangi sungai ini dulu. ” Kata Ratu Langit.

Burung burung membuat Jembatan - hari kasih sayang Valentine dayDi tengah kebingungannya Si penggembala karena sungai itu begitu lebar, tiba – tiba datanglah Burung magpie yang tidak terhitung banyaknya, sehingga membentuk jembatan.

” Nenek lihatlah burung magpie pun membantu membuatkan jembatan. Ijinkanlah aku bertemu dengan suami ku . aku mohon Nek .” Kata gadis penenun.

Melihat itu semua Ratu Langit menjadi tergerak hatinya. Ia akhirnya mengijinkan Si penggembala dan Gadis penenun itu untuk bertemu di jembatan tersebut setiap tahunnya pada hari ketujuh bulan ketujuh.

Sejak saat itu, pada hari ketujuh bulan ketujuh, orang – orang berdoa untuk si penggembala dan gadis penenun.

*** Kebiasaan yang biasa di lakukan pada hari Chinese Valentine ***

Selama masa Dinasti Utara dan Selatan, para wanita pada saat itu biasanya memasukkan benang pada sebuah jarum khusus. jarum itu mempunyai tujuh lubang. Bila semua benang sudah dimasukkan ke jarum maka itu pertanda keberuntungan.

Baca juga Cerita Rakyat Legenda Ular Putih

Pada masa dinasti Song, para wanita menyimpan laba – laba yang sedang merajut sarangnya di dalam kotak kecil. Pagi berikutnya, mereka membuka kotak tersebut dan melihat apakah si laba – laba telah selesai merajut sarangnya. Rajutan sarang yang bagus menandakan bahwa mereka mendapatkan keberuntungan.

Selama masa Dinasti Qing dan Ming, para wanita akan mengapungkan sebuah jarum di permukaan air baskom. Mereka kemudian melihat bayangan di dasar baskom itu. Apabila bayangannya menyerupai bunga, burung, atau binatang, mereka mengartikan bahwa jarum tersebut bagus untuk di pakai.

Baca Juga Cerita rakyat China : Legenda Putri Chang-e

Wanita yang sudah menikah akan membeli sebuah boneka tanah liat Moheluo pada hari itu dengan harapan bisa memberikan seorang anak. Kerena boneka Moheluo sering membawa daun lotus, maka anak-anak yang sedang bermain di jalanan pun membawa daun lotus pada hari itu.

Kami adalah sebuah website yang menggumpulkan berbagai macam cerita dari dalam dan luar negeri.. ada cerita motivasi, cerita lucu, cerita rakyat. Dukung kami dengan cara membagikan cerita - cerita yang sudah kami post kepada teman - teman Anda. pada website cerita-rakyat.com juga terdapat kumulan cerita humor dan kumpulan cerita motivasi, teka - teki dan quiz kalian dapat mengikuti dan membaca nya .... Selamat membaca

Post Comment