Asal Usul Festival Chong Yang

Asal Usul Festival Chong Yang ( Chong Yang Festival )

 

Hiking the mountain - chong yang festival 重阳节Bulan kesembilan adalah ketika bunga krisan berbunga, dan hari kesembilan bulan kesembilan adalah festival atau perayaan Chong Yang, disebut juga Chong jiu ( Sembilan Dobel ). Zaman dahulu pada hari itu orang – orang naik ke bukit untuk melihat pemandangan. Setiap orang akan minum arak krisan dan memetik daun dan buah dogwood ( sejenis tanaman semak ). Mereka akan mengisi kantong sutra halus dengan benang merah dengan daun dogwood tersebut dan mengikatnya pada lengan mereka. Hal ini untuk mencegah malapetaka.

Kenyataannya selama musim gugur udara tidak sehat. Tanaman mulai memutih dan terserang hama. Sejak itu kegiatan menaiki bukit bukan hanya untuk bersenang – senang, tapi juga untuk mencegah orang terkena penyakit. Dogwood dan bunga krisan telah digunakan untuk pengobatan sejak zaman dahulu. Dogwood digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit juga untuk memperpanjang usia. ( Baca juga cerita rakyat Cina : asal usul Festival hari kasih sayang Cina )

Naik bukit pada perayaan Chong Yang terjadi pada masa DInasti Han

Naik bukit pada perayaan Chong Yang

naik bukit pada festival chong yang 重阳节

Pada suatu malam, ada seorang pemuda yang di hantui. Pemuda itu bernama Huan Jin.g Di dalam mimpinya ia melihat adanya seorang Dewa Penyakit dari Sungai Ru datang setiap tahunnnya. Kemanapun Dewa penyakit itu datang selalu akan ada wabah penyakit.

Mimpi itu terjadi terus – menerus setiap malamnya kepada pemuda itu. Ia merasakan sesuatu yang buruk akan terjadi. Ia pun pergi kepada para orang – orang tua untuk menanyakan hal tersebut.

” Bapak, apakah engkau tahu tentang dewa penyakit ? ” Tanya Huan Jing.

” kami pernah mendengar tentang hal tersebut, menurut rumor kemanapun dewa penyakit pergi, orang – orang akan kena wabah penyakit dan meninggal dunia.” Kata orang – orang tua itu.

” Apakah menurut kalian Dewa penyakit akan datang ke sini ? ” Tanya Huan Jing.

” Sulit dikatakan karena sudah lama tidak ada wabah penyakit di sini. Kami orang tua sudah pernah mengalami ketika dia datang.” Jawab mereka.

” Jika mimpi benar, maka dewa penyakit benar – benar akan datang. Aku harus pergi dan mencari seorang guru. Aku tidak ingin sahabat dan keluargaku disakiti. ” Gumam Huan Jing dalam hati.

Huan Jing mencari guru - chong yang festival 重阳节Maka Huan Jin segera pulang kerumah, ia berpamitan kepada istrinya untuk pergi mencari seorang guru untuk mengatasi dewa penyakit yang akan datang ke kampungnya. sungai, hutan, banyak tempat yang ia lalui hingga akhirnya ia sampai di sebuah Gunung yang tinggi. Ketika itu ia melihat burung – burung berterbangan menuju ke satu arah yang sama.

Huan Jing mencoba mengikuti sekawanan burung itu. Ternyata ia di bawa ke sebuah kuil yang berada tepat di atas gunung. ia mencoba masuk ke dalam kuil itu tetapi semua pintu tidak dapat di buka. Kuil itu terlihat masih bersih, pasti masih ada orang yang meninggalinya, ” Mungkin ini adalah suatu ujian ” Kata nya dalam hati.

Ia pun berlutut dua hari dua malam. Tiba – tiba tepat pada malam hari terdengar suara ” Kau benar – benar ingin menolong orang – orang dari roh jahat. Masuklah. ” seketika itu juga pintu terbuka.

” Aku adalah Fei Zhangfang, aku sudah tahu maksud kedatanganmu. Ini adalah pedang ular naga hijau, pedang ini untuk membunuh roh jahat. Kau harus berlatih dengan baik. ” Kata Fei Zhangfang.

Huan Jing berlatih dengan sungguh – sungguh, pekembangan ilmu pedangnya berjalan dengan sangat cepat. Setelah kira – kira 3 bulan Huan Jing berlatih bersama dengan guru Fei Zhangfang, ia hampir menguasai sepenuhnya ilmu pedang. Karena waktunya sudah dekat, maka guru Fei ZhangFang memanggil dia.

” Huan Jing Di malam kesembilan bulan kesembilan. Dewa penyakit sungai Ru. akan datang untuk menyakiti manusia lagi. Cepatlah kembali ke kampung halamanmu untuk menghancurkan roh jahat itu. ” Kata Guru Fei ZhangFang.

” Ini segepok dogwood dan sekendi krisan. Minta para sahabat kampungmu untuk membawanya dan tinggallah di atas bukit untuk mencegah malapetaka ” Lanjut guru Fei ZhangFang, sambil memberika dogwood.

” Baik guru ” Jawab Huan Jing.

Pada hari itu tepat hari kesembilan bulan kesembilan, Huan Jing menyuruh penduduk kota untuk naik ke bukit dan meminum arak krisan dan membawa beberapa daun dogwood agar mereka terbebas dari wabah penyakit. Sedangkan Huan Jing menunggu di dalam desa.

Huan jin mengalahkan Iblis - chong yang festival 重阳节Tepat pada malam hari sungai tiba – tiba bergelombang besar, dan dari dalam keluarlah Roh Jahat. Roh tersebut mencium bau arak krisan dan daun dogwood dari atas bukit, ia pun tidak pergi ke arah sana. lalu ia pergi menuju ke kampung Huan Jing.

Sesaat Dewa penyakit itu datang, segera lah Huan Jing mencoba membunuhnya dengan menggunakan pedang Ular Naga hijau. Peperangan antara Dewa penyakit dan Huan Jing pun di mulai. Karena Huan Jing telah belajar ilmu dari guru Fei Zhangfang, maka ia dapat mengalahkan Dewa penyakit itu.

Setelah itu tidak lagi ada wabah penyakit. Untuk memperingati Huan Jing mengusir roh jahat itu, masyarakat melanjutkan upacara menaiki bukit pada hari kesembilan bulan kesembilan.

Baca juga cerita rakyat Jepang : Yamata No Orichi ( ular kepala delapan )

Kami adalah sebuah website yang menggumpulkan berbagai macam cerita dari dalam dan luar negeri.. ada cerita motivasi, cerita lucu, cerita rakyat. Dukung kami dengan cara membagikan cerita - cerita yang sudah kami post kepada teman - teman Anda. pada website cerita-rakyat.com juga terdapat kumulan cerita humor dan kumpulan cerita motivasi, teka - teki dan quiz kalian dapat mengikuti dan membaca nya .... Selamat membaca

Post Comment