Asal Tradisi Menyajikan Kue Bulan

Festival Musim Gugur Cina

Moon Cake FestivalFestival pertengahan Musim gugur menyangkut sekitar masalah bulan dan ada banyak cerita sejarah yang berhubungan dengan bulan. kita akan memberikan 3 cerita rakyat yang paling terkenal yaitu Legenda Putri Chang-e, Tradisi Menatap Bulan sampai jam 4 pagi, dan Tradisi Menyajikan Kue Bulan ketika perayaan Pertengahan Musim Gugur. Cerita dan tradisi ini dikatakan dimulai lebih dari 2000 tahun yang lalu dan hari terakhir perayaan dicurahkan untuk menyembah dewa. Karena cina merupakan negara agraris maka pada hari ke 15 bulan ke 8 lunar terjadi tepat setelah musim panen. Pada hari itu biasanya langit cerah dan cuaca bagus.

Orang – orang merayakan pesta panen yang menandai kepercayaan bahwa ” Alam dan manusia adalah satu “. Semasa dinasti Song menyembah bulan sudah memasyarakat, hal ini berkat pengaruh orang – orang terpelajar. Makan Kue bulan telah ada menjelang akhir Dinasti Yuan. Menurut cerita rakyat, pada masa itu dan setelahnya Festival atau Perayaan Pertengahan musim gugur menjadi hal yang penting.

Moon Cake Festival

Menyajikan Kue Bulan Pada pertengahan Musim Gugur

Cerita asal tradisi memberi Kue Bulan

Dengan berakhirnya Dinasti Song, orang – orang mongol menguasai cina pada saat itu.

Orang mongol menindas bangsa cina pada saat itu. mereka memperkerjakan mereka dengan paksa. Banyak masyarakat meninggalkan keluarganya dan masyarakat menjadi susah. Pemberontakan pun terjadi di mana – mana.

Melihat pemberontakan yang terjadi di mana – mana. Pasukan mongol mengantisipasi dengan cara memberi penjagaan ketat di tiap – tiap rumah, supaya mereka tidak dapat berhubungan satu sama lain.

Setiap kali ada masyarakat yang mencurigakan, pasukan mongol pasti mengecek dan menggeledah mereka semua. Hingga suatu hari pasukan pemberontak berkumpul di sautu tempat rahasia. Mereka mendiskusikan rencana pemberontakan.

Berdiskusi pemberontakan dan memberi kue bulan

” Orang mongol telah menempatkan seorang tentara di setiap rumah. Jika kita ingin berhubungan dengan yang lain dan memberontak, itu tidak mudah. ” Kata salah satu dari mereka.

” Aku punya rencana. Besok adalah Perayaan Pertengahan musim gugur. Kirim kue bulan ke setiap rumah dan suruh mereka membelahnya. Kita akan saling mengirim pesan lewat kue bulan itu. ” kata seorang yang lain.

” Rencana itu bagus. ” Sahut mereka yang lain.

Mereka bekerja mempersiapkan segala sesuatunya untuk pemberontakan. Mereka menyebarkan kue bulan di setiap rumah dan memberitahu mereka bahwa menurut tradisi mereka harus membelah dan memakannya. Kue bulan itu di berikan di setiap rumah dari ujung hingga ujung.

Di dalamnya berisikan pesan untuk membunuh orang penjaga mongol pada waktu jam 3 pagi.

Tepat pada jam 3 pagi, para penjaga itu semua di bunuh dengan bantuan penduduk di sana. Pemberontakan pun di mulai, dan akhirnya mereka dapat merdeka dari jajahan.

Kemudian, untuk memperingati yang menyenangkan dalam mendapatkan kebebasan dan kedamaian mereka. Orang – orang makan kue bulan selama Perayaan Pertengahan musim gugur.

Baca juga Cerita Rakyat China : Asal usul Hari Valentine Chinese

Kami adalah sebuah website yang menggumpulkan berbagai macam cerita dari dalam dan luar negeri.. ada cerita motivasi, cerita lucu, cerita rakyat. Dukung kami dengan cara membagikan cerita - cerita yang sudah kami post kepada teman - teman Anda. pada website cerita-rakyat.com juga terdapat kumulan cerita humor dan kumpulan cerita motivasi, teka - teki dan quiz kalian dapat mengikuti dan membaca nya .... Selamat membaca

Post Comment