Asal Mula Kota Lampung

Seputar Kota Lampung

Lampung adalah sebuah provinsi paling selatan di Pulau Sumatera, Indonesia, Ibukotanya terletak di Bandar Lampung. Provinsi ini memilki 2 Kota dan 13 Kabupaten. Kota yang dimaksud adalah Kota Bandar Lampung dan Kota Metro. Disebelah utara berbatasan dengan Bengkulu dan Sumatera Selatan.

Provinsi Lampung memiliki Pelabuhan utama bernama Pelabuhan Panjang dan Pelabuhan Bakauheni serta pelabuhan nelayan seperti Pasar Ikan (Telukbetung), Tarahan, dan Kalianda di Teluk Lampung. Bandar Udara utama adalah “Radin Inten II”, yaitu nama baru dari “Branti”, 28 Km dari Ibukota melalui jalan negara menuju Kotabumi, dan tiga Bandar Udara perintis yaitu : Bandar Udara Pekon Serai di Krui, Pesisir Barat, Bandar Udara Gatot Soebroto di Kabupaten Way Kanan dan Lapangan terbang AURI terdapat di Menggala yang bernama Astra Ksetra. Lampung juga memiliki cerita tetang asal muasal namanya, ikuti cerita nya di bawah ini….

Cerita Rakyat Lampung Lainnya :

  • Cerita Rakyat dari Lampung Asal Mula KotaBumi
  • Keratuan Ratu Melinting Dan Keratuan Ratu Darah putih

Asal Usul Nama Lampung

Cerita Asal Usul Nama Lampungdahulu, Ada empat bersaudara yang tersesat di suatu daerah mereka bernama clan Ompung Sintalaga, Ompung Silitonga, Ompung Silamponga, dan Ompung Silatoa. Mereka berempat berusaha menyelamatkan diri dan pergi dari Tapanuli ke arah tenggara. Mereka membuat rakit dan pergi menyeberangi lautan. Persediaan makanan yang mereka bawa tidak terlalu banyak, sehingga karena mereka terombang-ambing tanpa arah di tengah laut maka persediaan makanan semakin menipis. Mereka mencari tambahan makanan pada saat menemukan daratan, dan mencari ikan di tepi pantai dan kembali berlayar.

Suatu saat, salah seorang dari saudaranya yaitu Ompung Silamponga jatuh sakit. Karena mereka tidak memiliki obat – obatan, maka kondisi Ompung Silamponga menjadi semakin lemah. Namun, ia tidak ingin menyusahkan saudaranya, sehingga ia tetap ingin melanjutkan perjalanan.

Hingga suatu hari ketika mereka berhenti sejenak, tiba-tiba ada sebuah rakit mendekat. Ketiga bersaudara yang sehat berunding. Mereka tidak mempunyai obat – obatan dan jika Ompung Silamponga tidak segera di obati maka akan membayakan nyawanya. Maka memutuskan untuk berpisah dengan Ompung Silamponga. Mereka bertiga menggotong saudaranya yang sedang sakit parah tersebut ke rakit yang baru dan mendorongnya, sehingga terbawa arus menjauh dari mereka. Mereka berharap saudaranya dapat menemukan tempat yang nyaman di tinggali dan ada orang yang menolongnya.

Ompung Silamponga terbawa arus selama beberapa hari, ia mengarungi lautan sendirian dan terombang-ambing dengan rakitnya. Ia tidak sadarkan diri, tubuhnya sangat lemah. Hingga akhirnya, rakitnya menghantam sebuah benda keras dan berhenti di daratan. Ompung Silamponga pun terbangun. Entah karena apa keajaiban terjadi, Ompung Silamponga tubuhnya kembali pulih dan sehat. Lalu, Ia lalu berjalan menyusuri pantai dan menjelajahi pulau itu.

Ia melihat pulau itu merupakan tempat yang indah dan dapat ditinggali. Lalu ia menyusuri hutan dan juga melihat ada sungai dan sebuah bukit. Ia mencoba mendaki bukit tersebut. Ketika sampai di puncak bukit itu, ia melihat pemandangan yag begitu indah dan ia melihat ada penduduk yang tinggal di kaki bukit. Dengan perasaan gembira, tanpa sadar ia pun berteriak dengan kencang, “Lappung! Lappung! Lappung!” (Dalam bahasa Tapanuli, lappung berarti luas).

Ompung Silamponga turun dari bukit dan menjalin hubungan dengan penduduk di sekitar sana. Ompung Silamponga saling bantu membantu dengan penduduk di sana. Ia tinggal cukup lama, setelah beberapa saat ia membuka perkampungan baru di sana. Ia menamakan tempat tersebut dengan nama Lappung. Semakin lama daerah itu semakin berkembang. Ompung Silamponga menghabiskan hidupnya disana sampai meninggal dunia.

Arti Nama Lampung

Nama Lampung diakui berasal dari dua hal. Pertama, dari kata-kata yang diteriakkan Ompung Simaponga di atas bukit ketika pertama kali menemukan daerah itu. Kedua, berasal dari sebagian nama Ompung Silamponga.

 

Kami adalah sebuah website yang menggumpulkan berbagai macam cerita dari dalam dan luar negeri.. ada cerita motivasi, cerita lucu, cerita rakyat. Dukung kami dengan cara membagikan cerita - cerita yang sudah kami post kepada teman - teman Anda. pada website cerita-rakyat.com juga terdapat kumulan cerita humor dan kumpulan cerita motivasi, teka - teki dan quiz kalian dapat mengikuti dan membaca nya .... Selamat membaca

One Comment - Write a Comment

  1. ijin copy buat tugas sekolah

    Reply

Post Comment