Asal Nama KotaBumi

Seputar KotaBumi

Kotabumi adalah ibu kota Kabupaten Lampung Utara. Kota tersebut terletak di tengah-tengah Kabupaten Lampung Utara, Provinsi Lampung, Indonesia. Kotabumi mempunyai ciri khas berupa 3 buah tugu yang terletak tengah kota. Ketiga tugu tersebut adalah Tugu Pembangunan, Tugu Payan Mas dan Tugu Alamsyah Ratu Prawiranegara. Keberadaan tugu-tugu tersebut telah menambah kecantikan wajah Kotabumi, sebagai sebuah kota yang multi etnis.

Baca Juga Cerita Rakyat Banten : Legenda Asal Mula Cikaputrian

Cerita Rakyat Asal Nama Kota Bumi

Asal Mula Nama kotaBumi

Dahulu Di wilayah Lampung Utara, ada sebuah kerajaan yang di pimpin oleh seorang raja bernama Tutur Jimat. Tutur Jimat adalah keturunan Ratu Darah Putih. Ia adalah Raja yang adil dan bijaksana, karenanya masyarakat disana menjadi makmur dan damai. Masyarakat sangat menghormatinya sebagai seorang Raja.

Suatu hari menjelang usia tuanya, Tutur Jimat ingin menyerahkan kekuasaannya kepada anak tertuanya bernama Paniakan Dalem. Tutur Jimat memberikan pengajaran kepada anaknya, agar menjadi pemimpin yang bijasana, karena kekuasaan adalah sebuah pemberian.

Setelah menerima mandat untuk menggantikan ayahnya, Paniakan Dalem di lantik menjadi pemimpin kerajaan yang baru. Ia memimpin kerajaan sesuai dengan pengajaran yang di ajarkan oleh ayahnya. Ia memimpin dengan bijaksana. Rakyat juga hidup semakin damai, tenteram, dan sejahtera. kerajaan ini merupakan kerjaan keluarga turun temurun.

Kemudian, Paniakan Dalem menikah dan dikarunai seorang putra yang diberi nama Muhammad. Waktu berjalan bertahun – tahun, anaknya tubuh semakin dewasa, kerajaan juga semakin berkembang. Keturunan Ratu Darah Putih juga semakin banyak dan tersebar di mana-mana. Suatu hari, melihat kerajaan yang semakin besar Paniakan Dalem ingin agar para leluhur mereka tetap di ingat di kerajaan ini.  Ia mulai memikirkan caranya sambil berjalan – jalan berkeliling kerajaan.

Pada waktu sedang berjalan – jalan. tiba tiba anaknya Muhammad memanggilnya.

“ Ayahanda, sewaktu saya sedang berburu. Saya bertemu sekumpulan orang yang menyebut dirinya adalah keturunan Kuto Bumi. Siapakah dia? ” Tanya Muhammad kepada ayahnya.

“ Kuto Bumi adalah nenek moyang kita. Beliau adalah ratu yang pernah memimpin daerah ini. Kita semua adalah keturunan beliau. Dari mana kau dengar nama tersebut? ” Jawab Raja Paniakan Dalem.

” Mengapa ayahanda tidak pernah menceritakannya kepada saya. Bagaimana saya dapat berbakti kepada leluhur jika saya tidak pernah mendengarnya, Ayahanda ? ” Tanya Muhammad.

” Bagaimana kalau kita namakan saja daerah ini dengan Kuto Bumi ! Dengan demikian, semua orang yang berasal dari sini dapat selalu mengenang leluhur mereka. ” Kata Raja Paniakan Dalem.

Putranya setuju dan Sejak saat itu daerah tersebut menjadi Kuto Bumi. Yang digunakan agar masyarakat di sana dapat mengenang Nenek moyang mereka.

Seiring dengan berjalannya waktu nama Kuto Bumi orang – orang menyebutnya Kotabumi, mungking karena penamaannya lebih mudah. Saat ini KotaBumi menjadi ibu kota Lampung Utara.

Pesan moral : Ingatlah leluhur kita karena tanpa mereka kita bukan apa-apa.

Kami adalah sebuah website yang menggumpulkan berbagai macam cerita dari dalam dan luar negeri.. ada cerita motivasi, cerita lucu, cerita rakyat. Dukung kami dengan cara membagikan cerita - cerita yang sudah kami post kepada teman - teman Anda. pada website cerita-rakyat.com juga terdapat kumulan cerita humor dan kumpulan cerita motivasi, teka - teki dan quiz kalian dapat mengikuti dan membaca nya .... Selamat membaca

Post Comment