Asal Mula Festival Zhong Yuan

Festival Zhong Yuan

Zhongyuan Festival - Hungry Ghost FesZaman dahulu kala, hari kelima belas bulan pertama, hari kelima belas bulan ketujuh dan hari kelima belas bulan ke sepuluh, di kenal dengan Yuan tiga – Three Yuan. Sejak zaman dahulu, masyarakat cina percaya bahwa selama 30 hari pertama bulan ketujuh, pintu neraka dibuka dan hantu – hantu lapar turun ke bumi.

Sebenarnya Festival atau perayaan Zhong Yuan adalah peringatan pada leluhur, tetapi setelah agama budha datang ke Cina, perayaan tersebut di pengaruhi unsur budha dan dikenal dengan sebutan Yu Lan Pen Jie. Yu Lan Pen sejak dulu dianggap keturunan Cina, istilah Sansekertanya Ullambana, dan dalam bahasa Cina berarti ” menggantung dalam keadaan terbalik “.

Akan tetapi, ilmuwan Prancis Jean Przyluski mengatakan bahwa Yu Lan Pen mungkin bukan berasal dari kata Ullambana, tetapi lebih tepat disebut Avalambana, istilah ini dikenal di India untuk sesaji keberuntungan dan dibuat untuk seluruh masyarakat yang hidup mealui orang mati. Ini menandakan bahwa perayaan ini berasal dari India.

Istilah Yu Pen dihubungkan dengan agama Buddha. Pada festival Zhong Yuan, setiap kuil Buddha membentuk sekelompok Yu Lan Pen dengan menyalakan lentera dan mengidungkan sutra. Maksudnya untuk mengusir hantu – hantu di neraka menyeberangi lautan penderitaan.

Menurut sutra Buddha, Buddha suatu saat pernah memerintah Mulian ( Maudgalyayana, salah satu penganut Budha ) untuk membentuk masyarakat Yu Lan Pen, sebab ibunya menjelma di antara hantu – hantu lapar di neraka di mana dia tidak diizinkan makan apa – apa. Pada hari ke 15 bulan ke 7, masyarakat akan menyuguhkan berbagai jenis buah – buahan di atas baskom, dan menyajikan sebagai pemberian makanan pada makhluk yang baik budinya itu. Sejian itu dibuat 10 persegi dengan 8 titik kompas.

Baca juga Cerita Rakyat China : Chinese Valentine Day Festival

Baca juga Cerita Rakyat Nusantara dari Bengkulu : Legenda Ular N’Daung

Kaisar buddha, Liang Wudi dari Dinasti Liang bertanggung jawab atas pengawasan Zhong Yuan.

Membuat Sesajian Untuk Orang yang telah meninggal

Mulian Menyelamatkan ibunya

Mulian memberi sesaji - Festival Zhong Yuan

Pada saat itu ada seorang bernama Mulian dia adalah orang yang sangat berbakti kepada ibunya. Ia adalah seorang Buddha.

Pada waktu ia sedang betapa teringatlah ia akan ajaran gurunya katanya : ” Buddha Sakyamuni berkata, ketika mata kebijaksanaan terbuka, segala sesuatu akan terlihat. Ibuku telah lama pergi. Tidak masalah di mana dia berada, apakah di neraka atau di surga, perlihatkanlah padaku! “

Karena pertapaan nya yang sudah mencapai tingkat tinggi, maka ia dapat melihat di mana ibunya berada. Ia melihat ibunya berada di suatu tempat dan ibunya di ganggu oleh para setan yang kelaparan. Ia berebut makanan.

Dengan kesaktiannya Mulian mengirim makanan kepada ibunya. Tetapi karena tempat itu sangat panas, makanan yang sampai kepada ibunya tiba – tiba berubah menjadi batu bara yang hangus terbakar.

Mulian yang melihat kejadian ini menjadi sangat sedih, karena ia sebagai anak tidak dapat berbuah apa – apa. Maka pergilah ia mencari gurunya dan menceritakan hal ini.

Menyajikan makanan untuk orang meninggal - Festival Zhong Yuan” Guru apa yang harus kulakukan untuk menyelamatkan ibuku dari kekejaman dan bahaya ? ” Tanya Mulian.

” Setiap tahun pada hari ke 15 bulan ke 7 lunar, kau harus membuat sesaji buah – buahan untuk para hantu dan roh jahat. Dengan cara ini engkau dapat menolong ibumu dari kekejaman dan bahaya.” Jawab gurunya.

Maka tepat pada hari ke 15 bulan ke 7 lunar Mulian membuat sesaji buah – buahan untuk para hantu dan roh jahat. Ia juga berdoa memohon padanya agar tidak mengganggu ibunya.

Dengan mata kebijaksanaannya ia melihat lagi, ternyata betul setan dan roh jahat yang mengganggu ibunya dan membuat tempat ibunya menjadi panas itu hilang.

Sejak saat itu orang Buddha yang ingin menolong ibunya baik yang masih hidup ataupun yang sudah mati, akan membuat sesaji seperti ini.

Hungry Ghost Festival - Zhong Yuan festival

Kami adalah sebuah website yang menggumpulkan berbagai macam cerita dari dalam dan luar negeri.. ada cerita motivasi, cerita lucu, cerita rakyat. Dukung kami dengan cara membagikan cerita - cerita yang sudah kami post kepada teman - teman Anda. pada website cerita-rakyat.com juga terdapat kumulan cerita humor dan kumpulan cerita motivasi, teka - teki dan quiz kalian dapat mengikuti dan membaca nya .... Selamat membaca

Post Comment