Apakah Anda Takut Sukses ??

takut-sukses

Takut Sukses

Takut jatuh atau salah jalan? Ah sudah biasa. Takut gagal? Ahhh, pasaran.

Takut miskin? Semua orang juga seperti itu.

Tapi takut kaya dan takut sukses? Naah, ini baru aneh.

Memangnya ada ya orang yang tidak ingin kaya dan sukses? Kita rasa cukup banyak orang yang ingin dan mengejar kekayaan dan sukses dalam hidup.

Eh, Tapi ternyata cukup BANYAK orang yang “Takut Sukses”, menurut riset ternyata banyak orang, yang sadar nggak sadar, mengidap hambatan mental “Takut sukses, takut kaya” seperti ini, secara tidak sadar terkadang kita memiliki perasaan seperti itu. Dan ketahuilah bahwa hal ini sangat berbahaya, kerena dapat MENGHAMBAT usaha kita meraih tujuan dan kesuksesan kita!

Fenomena takut sukses seringkali membuat kita menyabotase diri sendiri

Rasa takut sukses, yang dalam istilah psikologinya disebut “Jonah Complex”, dan dalam istilah ‘dedy-ologi’ disebut “Parnokaya” ini biasanya merupakan situasi alam bawah sadar, yang membuat seseorang secara tidak sadar, menahan dirinya untuk tidak mengeluarkan seluruh potensi dalam usaha- usahanya!

Secara tidak sadar, seseorang yang takut sukses bakal menghambat dirinya sendiri dan mengerem dirinya untuk maju lebih jauh, terlalu jauh, atau terlalu cepat.

Mencegah dirinya bekerja secara maksimal, secara tidak sadar!

Ibarat seseorang yang menyetir mobil, dengan kaki kanan menginjak gas sedalam-dalamnya, dan kaki kiri menginjak rem pada saat yang bersamaan.

Banyak orang tidak percaya bahwa secara tidak sadar, mau tidak mau, takut atau tidak, mereka takut untuk sukses atau kaya.

Kita buat sebuah pertanyaan dan biasanya orang akan menjawab seperti ini :

Tanyakan pada para peserta seminar, “Siapa yang mau suksessssss?”
Dan mereka menjawab, “Sayaaaaaa!”
“Apa itu sukses buat Andaaaaa?”
“Nggak tahuuuuuu!”
“Coba tentukan apa itu sukses buat Andaaa?”
“Nggak mauuu!”
“Kenapaaa?”
“Maluuuu”

Bagaimana seseorang dapat sukses jika mereka malu membuat rencana, malu punya mimpi, malu membayangkan kesuksesan mereka. Apakah ini bukan sesuatu ketakutan untuk mencapai mimpi anda ?? ( sukses )….

Pertanyaan lainnya…

“Siapa yang mau kayaaaa?” Tanya saya pada mereka,
Jawab mereka, “Sayaaa”.
“Siapa yang yakin kalau orang kaya itu sombooong?”
Jawab mereka sekali lagi, “Sayaaa”.
“Siapa yang nggak mau jadi orang sombong?”
Jawab mereka lagi, “Sayaaaaa”.
“Jadi kesimpulannya apaaaa?”
“Saya nggak mau jadi orang kayaaa… hmmmm?”

Situasi ini dapat kita sebut conflicting mindset. Pola pikir kita bertentangan satu sama lain, sehingga secara tidak sadar, kita jadi seperti di perumpamaan menyetir mobil tadi. Kaki kanan menginjak gas, sementara kaki kiri menginjak rem. Kita menghambat diri kita sendiri mengerem diri kita sendiri untuk melakukan sebuah terobosan.

Sehingga secara tidak sadar alam bawah sadar kita bakal MENYABOTASE DIRI sendiri supaya kita tidak cepat- cepat meraih kesuksesan atau kekayaan. Dapat kita simpulkan KITA TAKUT SUKSES ATAU KAYA!

Contoh bagaimana alam bawah sadar kita menyabotase diri sendiri antara lain rasa malas yang mendadak muncul di tengah usaha genting, mood yang mendadak naik turun di usaha yang sebetulnya potensial dan kita suka, rasa takut berlebihan ketika kita punya ide brilian, tidak berani mengambil keputusan, kebiasaan menunda- nunda padahal kita tahu harusnya suatu usaha dilakukan segera, dan lain sebagainya.

Apa penyebab rasa takut sukses?

  1. Takut kesuksesan dan kekayaan bakal mengubah diri kita atau situasi kita.
  2. Takut pada rasa tanggung jawab besar yang bakal ada ketika kita berkembang.
  3. Takut ditinggal atau terpaksa meninggalkan teman, sahabat, lingkungan saat ini.
  4. Takut jadi sombong dan angkuh, dan sifat buruk lainnya.
  5. Takut dan sulit membayangkan diri sendiri sebagai figur kuat dan sukses.

Menghilangkan rasa takut sukses

Jadi bagaimana cara supaya kita bisa menghadapi rasa takut sukses ini, agar bisa mengeluarkan potensi sesungguhnya dari diri kita?

Dengan belajar MENGUBAH mindset dan keyakinan kita tentang KESUKSESAN itu sendiri!

  1. Kesuksesan dan kekayaan membuat saya menjadi lebih baik, bukan mengubah kita jadi lebih buruk.
  2. Tanggung jawab akan membesar ketika kita berkembang, tapi ini adalah sesuatu yang alami, dan harus disambut dengan ucapan terima kasih.
  3. Bila didasari dengan hati bersih, teman, sahabat, dan lingkungan tidak akan meninggalkan saya, dan saya tidak perlu meninggalkan mereka.
  4. Dengan kekayaan dan kesuksesan akan membuat saya bisa membantu orang lain lebih banyak lagi, bukannya membuat saya makin sombong.
  5. Saya bisa melihat saya bangga sebagai figur besar dan sukses. Dan saya terlihat keren banget!

Rasa takut sukses SAMA BAHAYANYA dengan rasa takut gagal, yang bisa Anda lakukan adalah mengambil langkah nyata, untuk perlahan mulai menyingkirkan rasa takut ini, dan mengeluarkan POTENSI ANDA dengan penuh!

Karena Anda berhak untuk meraih mimpi dan kesuksesan Anda!

pada website cerita-rakyat.com juga terdapat kumulan cerita humor dan kumpulan cerita motivasi, teka - teki dan quiz kalian dapat mengikuti dan membaca nya ....Selamat membaca

Share this post

Post Comment